BERITA UTAMA

Soal Genangan Air di Jalan Konggoasa, PU Kolaka Punya Solusi

Kadis PU Dwi Dharma (Pakaian Keki) dan Muh. Ajib Madjid, Legislator PAN (pakaian batik) saat meninjau lokasi saluran air yang akan dibenahi

KOLAKAPOS, Kolaka — Persoalan luapan dan genangan air yang meresahkan warga sekitar setiap musim hujan di jalan Konggoasa dan sekitarnya mendapati jalan keluar dari Kepala Dinas PU Kolaka.
Menurut Dwi Dharma, ia sudah memiliki solusi untuk mengatasi persoalan tersebut.
Hal itu diungkapkan oleh Dwi Dharma saat melakukan peninjauan langsung lokasi terdampak luapan air saat musim penghujan di jalan Konggoasa Kota Kolaka itu pada 19/3.

Rencana solusi yang ditawarkan oleh Dwidhama itu juga disampaikan langsung kepada Anggota Komisi III DPRD Kolaka, Muh. Ajib Madjid yang juga datang langsung ke lokasi tersebut.

“Jadi ada beberapa solusi yang akan kami ajukan, dan semuanya sudah kita petakan permasalahannya kenapa air tergenanag di wilayah ini, ” papar Dwi Dharma.

Solusi yang ditawarkan Dwi Dharma yaitu memperluas saluran air yang akan menuju sungai atau laut. “Kita perluas beberapa saluran airnya yang sempit seperti di sepanjang jalan depan Alaska Swalayan, disitu ada beberapa yang sempit sehingga air susah keluar ke laut, juga saluran air di jalan Indumo kita perlebar, ungkapnya.

Lanjutnya, saluran air di beberapa ruas jalan yang sering tergenang tersebut akan diganti dengan beton pracetak atau precast yang lebih efisien dan efektif. “Jadi nanti kita ganti dengan precast, lebih cepat dan praktis, tinggal digali lalu dipasang, setelah itu sudah bisa digunakan, ” ungkapnya.

Selain itu, kata Dwi, pihaknya juga telah melakukan pembersihan di beberapa titik saluran air yang mampet akibat sampah . “Seperti di lampu merah jalan Pramuka itu kita sudah bongkar dan bersihkan , ternyata disitu masih banyak dolken yang tidak dilepas, dan yang jadi masalah juga ada beberapa pipa-pipa mulai dari pipa PDAM sampai Telkom ada yang menghalangi saluran tersebut , ditambah lagi sampah yang menumpuk,” ungkapnya.

Lanjutnya, jika solusi yang ditawarkan tersebut berjalan, dirinya yakin persoalan genangan air akan selesai.

“Saya sudah turunkan Tim saya ke lapangan petakan masalahnya dan memang solusinya sudah seperti itu, kalau hanya meninggikan badan jalan saya yakin itu tidak selesai,kalau kita gunakan precast saya yakin bisa efektif dan selesai persoalan genangan itu,” terangnya.

Hanya saja kata Dwi dibutuhkan biaya yang memang cukup besar. “Kalau gunakan precast , kalau sekitar 300 meter itu ya sekitar 5 M, memang biayanya lumayan besar, tetapi itu yang efektif,” ujarnya.

Terkait solusi itu, anggota Komisi III DPRD Kolaka, Muh. Ajib Madjid mengatakan pihak DPRD akan memberi dukungan terhadap solusi tersebut. “Kita dukung rencana atau solusi itu, sudah seperti itu yang kita mau ,agar persoalan ini cepat selesai, karena ini sudah bertahun-tahun diresahkan masyarakat, tetapi belum juga ada solusi,” terang Legislator PAN itu. (Mir/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top