METRO KOLAKA

Tahun Ini, Kolaka Dapat 90 Bantuan KUBE

KOLAKAPOS, Kolaka — Sebanyak 90 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Kabupaten Kolaka, dipastikan akan mendapatkan bantuan dari pemerintah, tahun ini. “Allhamdulilah tahun ini Kabupaten Kolaka mendapatkan jatah 90 KUBE, dan ini terbanyak di Sulawesi Tenggara,” ungkap Darwis, Kepala Seksi Pengelolaan, Penyaluran Bantuan Stimulan Dinas Sosial Kolaka, Senin (18/3).

Bantuan KUBE dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Di mana bantuan ini diperuntukkan khusus bagi masyarakat yang berekonomi menengah ke bawah. “KUBE ini merupakan bantuan kelompok usaha bersama yaitu salah satu program pemerintah yang ada pada Kementerian Sosial RI, khususnya di Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan. Tujuannya untuk memberdayakan kelompok masyarakat miskin dengan pemberian modal usaha melalui program Bantuan Langsung Pemberdayaan Sosial (BLPS) untuk mengelola Usaha Ekonomi Produktif (UEP),” jelas Darwis.

Adapun jumlah bantuannya yaitu sebesar Rp25 juta per kelompok. Dana itu akan dikelola oleh 10 anggota KUBE.
“Ada tiga jenis usaha bantuan yang bisa dibiayai dalam KUBE, yakni usaha jual sembako, perbengkelan, dan pertukangan. Namun sebelum diberikan bantuan ada pernyataan yang dibuat oleh anggota KUBE ketika akan menerima bantuan ini. Jadi jika nanti mereka salahgunakan yang tidak sesuai kebutuhan kelompok maka wajib mengembalikan,” katanya.

Darwis berharap, adanya bantuan KUBE, bisa meningkatkan perekonomian masyarakat kecil di Kabupaten Kolaka.
“Harapan kita agar dengan bantuan KUBE ini taraf hidup masyarakat kecil semakin sejahtera, dan usahanya semakin berkembang,” tandasnya. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top