KONAWE SELATAN

BPBD Konsel Gelar Workshop Pembentukan KSB

BPBD Konsel saat menggelar workshop belum lama ini disalah satu hotel yang ada di Kendari. FOTO: Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo — Pemkab Konsel melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), menggelar workshop pembentukan Kelompok Siaga Bencana (KSB) belum lama ini. Hal itu sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo pada Rakornas di Surabaya.

Workshop tersebut dibuka oleh Kepala BPBD Provinsi Sultra, Ir. H. Boy Ihwansyah, MTP. Dalam sambutannya, dirinya memberikan apresiasi positif kepada BPBD Konsel yang segera menindaklanjuti arahan Presiden RI dalam Rakornas.

“Pembentukan KSB pada tingkat Desa, tentunya sebagai ujung tombak tenaga kebencanaan, yang akan bertindak cepat apabila terjadi bencana disuatu wilayah,” jelasnya, Rabu (20/3).

Jadi lanjut dia, para kelompok siaga inilah nanti yang akan melakukan evakuasi terlebih dahulu, yang juga akan melaporkan tentang kejadian di lapangan.

Sementara itu, Kepala BPD Konsel Adywarsyah Toar, menjelaskan pembentukan KSB ini sebagai implementasi undang-undang nomor 24 tahun 2007, tentang penanggulangan bencana. Selain itu, melaksanakan arahan Presiden RI pada pembukaan Rakornas di Surabaya pada 2 Februari 2019.

“Antara lain, melakukan edukasi kebencanaan yang harus dimulai pada tahun 2019 di seluruh daerah, melakukan simulasi penanganan bencana secara berkala dan berkesinambungan sampai ke tingkat RT/RW. Sehingga masyarakat betul-betul siap menghadapi bencana,” paparnya.

Disisi lain, lanjut dia, berdasarkan Permendagri nomor 101 tahun 2018, tentang standar tekhnis pelayanan dasar pada standar pelayanan minimal urusan bencana daerah Kabupaten dan Kota mengatur tiga jenis pelayanan dasar SPM urusan bencana.

“Yakni, pelayanan informasi rawan bencana, pelayanan pencegahan terhadap kesiap-siagaan terhadap bencana, pelayanan penyelamatan dan evakuasi korban bencana,” tukasnya. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top