METRO KOLAKA

Masyarakat Kolaka Diminta Bentuk Koperasi Syariah, Dinas Koperasi dan UKM Siap Menfasilitasi

Amrin

KOLAKAPOS, Kolaka — Dinas Koperasi dan Usaha, Kecil, Dan Menengah Kolaka memastikan koperasi syariah belum ada. Hal ini diungkapkan Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kolaka, Amrin saat ditemui, Rabu (20/3).

“Sampai saat ini koperasi syariah di Kolaka belum ada yang terbentuk,” ungkap Amrin kemarin.

Menurutnya, kopersai syariah merupakan bentuk koperasi yang memiliki prinsip, tujuan, dan kegiatan usahanya berdasarkan syariat Islam yaitu Al-quran dan As Sunnah. Koperasi ini merupakan badan usaha koperasi yang menjalankan aktivitas usahanya berdasarkan pada prinsip-prinsip syariah. Semua unit usaha, produk, dan operasional koperasi dilakukan sesuai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia.

“Di dalam operasional koperasi ini tidak akan ditemukan unsur-unsur riba, masyir, dan ghara. Selain itu, badan usaha ini juga tidak diperkenankan untuk melakukan berbagai transaksi derivatif seperti halnya lembaga keuangan syariah lainnya,” jelasnya.

Untuk itu, Dinas Koperasi dan UKM menghimbau kepada kelompok masyarakat agar bisa membentuk koperasi syariah. Apalagi, kata Amrin, pemerintah pusat melalui Kementerian Koperasi dan UKM telah memprogramkan bantuan bagi koperasi syariah.

“Tahun ini Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) merupakan satuan unit kerja Kementerian Koperasi dan UMK akan memberikan bantuan dana kepada koperasi syariah yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga kami harapkan ada koperasi syariah yang bisa dibentuk agar kita bisa usulkan untuk mendapatkan bantuan tersebut,” harapnya.

Saat ini, tambah Amrin, perkembangan koperasi dan UKM khususnya pembiayaan syariah masih relatif kecil, untuk itu LPDB-KUMKM bersinergi dengan pemerintah daerah khususnya badan dan dinas yang membidangi koperasi dan UKM seluruh wilayah Indonesia untuk dapat mengoptimalkan peran dan fungsinya dalam pembinaan koperasi dan UKM.

“Jadi program ini memang diprioritaskan bagi koperasi syariah,” ucapnya. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top