METRO KOLAKA

Warga Keluhkan Penerangan Jalan

Warga Kolaka mengeluhkan kondisi penerangan jalan yang tidak memadai. FOTO: Ilustasi/Net

KOLAKAPOS, Kolaka — Beberapa ruas jalan di Kabupaten Kolaka, utamanya di wilayah perkotaan, belum memiliki penerangan yang memadai. Hal ini sudah berlangsung cukup lama, dan dianggap sebagai permasalahan krusial. Bahkan tak sedikit warga Kolaka mengeluhkan persoalan ini. Warga seperti mengalami ‘teror’ kegelapan ketika malam hari.

Salah satu keluhan itu diungkapkan Daeng Igo, warga Kelurahan Sea, Kecamatan Latambaga. Kata Igo, kondisi jalan di lingkungannya, di Jalan Cakalang, gelap gulita saat malam hari. Kondisi tersebut bahkan sudah berlangsung selama 3 tahun terakhir ini. Akibatnya, tak sedikit penguna jalan di temapt itu mengalami kecelakaan. “Ada lampu jalan, tapi sudah lama tidak menyala. Nda bisakah itu perbaiki kasian, kami takut kalau malam hari, gelap sekali,” kata Igo kemarin (20/3).

Keluhan yang sama datang dari Ansar, warga jalan Andi Jemma, Kelurahan Lamokato, Kecamatan Kolaka. “Kita lihat sendiri mi kalau malam hari, gelap sekali kodong,” ujarnya.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Kolaka, H. Abbas kemarin (20/3) yang dikonfirmasi terkait hal ini membenarkan bahwa beberapa tahun terakhir ini Kolaka memang darurat penerangan. Mulai dari penerangan dalam kota hingga di wilayah kecamatan lain di Kabupaten Kolaka.

Namun demikian, kata Abbas, pemerintah daerah Kolaka telah menargetkan permasalahan penerangan lampu jalan bakal dituntaskan tahun ini. “Ini memang lampu jalan hampir tidak pernah dianggarkan pada tahun sebelumnya, baru tahun ini saya anggarkan. Jadi targetnya akan kita renovasi semua yang sudah tidak menyala itu, bukan cuma dalam kota, termasuk nanti di kecamatan-kecamatan juga. Tinggal menunggu dana pemeliharaannya keluar,” ujar mantan Kadis PU Kolaka itu. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top