BERITA UTAMA

Beton Precast Bisa Atasi Persoalan Genangan Air di Kolaka

Pemasangan Precast di HKSN Mangolo

KOLAKAPOS, Kolaka — Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kolaka, Dwi Dharma kembali menegaskan jika persoalan genangan air di dalam Kota Kolaka yang selalu menjadi permasalahan warga di sekitar jalan Konggoasa bisa diatasi secepatnya dengan menggantikan saluran air konvensional sekarang ini dengan menggunakan Beton Cetak jadi atau Precast.
Hal itu diungkapkan Dwi Dharma (24/3) menyikapi saat ditanya terkait persoalan genangan air.
Dia mengatakan saat ini penggunaan precast sudah mulai diterapkan untuk menjadi contoh mengatasi persoalan tersebut. “Kita sudah pasang di HKSN Mangolo dan sudah kita lihat hasilnya lebih maksimal, efisien, dan sangat cepat,” ujarnya.
Dia mengatakan precast selain untuk mengganti saluran konvensional juga bisa mengantikan deuker dan bisa digunakan tanpa harus menunggu lama. “Kalau kita sudah terpasang, bisa langsung digunakan tidak perlu menunggu lama lagi kering betonnya karena sudah jadi, ini sangat efektif, ” terangnya.
Dia juga mengatakan kualitas beton precast tidak diragukan karena dibuat dengan kualitas bagus. “Pakai besi tulangnya dan pasirnya juga dicuci, jadi tidak meragukan memang,” ungkapnya.
Selain itu kata Dwi, precast saluran air jika sudah terpasang biasa menjadi trotoar untuk dijalan yang sempit. “Atasnya kan sudah tertutup, jadi bisa digunakan sebagai trotoar kalau dipasang dijalan jalan sempit, dan kita bisa memesan sesuai ukuran,” ungkapnya.
Lanjutnya, sebagai contoh pihaknya juga sudah melakukan pemasangan di beberapa titik seperti di HKSN Mangolo.
Hanya saja kata Dwi, precast jika dibandingkan saluran konvensional biayanya sedikit lebih mahal. “Itu harganya dikisaran 350 ribu permeter, memang lebih mahal, tapi kalau hasilnya saya yakin lebih bagus dan cepat, tinggal gali lalu pasang, sudah selesai, bisa langsung digunakan,” ungkapnya.
Dia berharap penggunaan precast bisa digunakan di jalan jalak dalam kota untuk mengatasi persoalan genanagan air. (Mir/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top