METRO KOLAKA

IAI Al Mawar Luluskan 55 Wisudawan

KOLAKAPOS, Kolaka — Untuk pertama kalinya, Institut Agama Islam (IAI) Al Mawaddah Warahmah (Al Mawar menggelar wisuda, setelah berganti status. Kegiatan yang digelar di salah satu hotel di Kolaka dihadiri anggota DPRD, perwakilan Bupati,
Pengurus yayasan , Wakil Koordinator Kopertis Wilayah 8 dan tokoh masyarakat.

Sebanyak 55 mahasiswa dan mahasiswi diwisuda terdiri dari, 15 orang dari
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Prodi Ekonomi Syariah, Prodi Perbankan Syariah 25 orang,
Dan fakultas pendidikan agama islam prodi pendidikan agama islam 15 orang.

Dari 55 mahasiswa yang diwisuda, salah seorang mahasiswa mendapat cumlaude karena mendapat nilai tertinggi 3,97.

Retor IAI Al Mawar Kolaka KH. Zakaria mengatakan, seperti sebelumnya setiap wisudawan atau wisudawati yang memiliki prestasi sangat baik pihak kampus langsung menawarkan pekerjaan di Al Mawar, baik itu di Pondek Pesantren, maupun di sekolah terpadu.

“Selain menawarkan pekerjaan, kami juga sangat bangga terhadap alumni yang telah lulus Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun ini sekitar 30 orang. Itu artinya kami mempunyai status akreditas telah diakui,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, ini merupakan hari yang sangat penting karena bertepatan dengan visitas dari tim Dikti, dimana pihak kampus telah mengajukan untuk membentuk program Strata Dua (S2) untuk program studi Pendidikan Agama Islam di IAI.

“Jadi kami tinggal menunggu izin oprasionalnya keluar dan kami bisa memulai menerima mahasiswa pasca sarjana di Juli 2019 ini khususnya mahasiswa s2 Pendidikan Agama Islam,” paparnya.

Ia menjelaskan, untuk meningkatkan mutu pendidikan, IAI Al Mawar telah mendapat rekomendasi menjadi Universitas karena saat ini telah memiliki enam prodi dan terakreditasi. Adapun prodi tersebut yakni, Pendidikan Agama Islam akreditasi B, Ekonomi Syariah B, Perbankan Syariah C, Manejemen Pendidikan C, Imu Alquran dan Tafsir C, Hukum Keluarga Islam C.

“Untuk menjadi universitas banyak yang harus kami benahi, salah satunya peningkatan akreditasi, SDM, penambahan prodi. Namun alhamdulillah sebagian kami sudah persiapkan dengan sangat matang. Insya Allah 1 hingga 2 tahun ini kami bisa selesaikan sesuai rekomendasi Kopertis,” jelasnya.

Bahkan lanjut Zakaria, di IAI Al Mawar akan ada penambahan prodi yakni Admistrasi Kesehatan, Farmasi, Ilmu Komputer, Agrobisnis, Teknik SipilPerencanaan Wilayah Kota.

“Nanti akan ada tiga fakultas, yakni fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Sains dan Teknologi, serta Agama Islam,” terangnya.

Ia berharap, mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya tidak perlu pergi ke luar kota, karena sudah ada di Al Mawar.

“Harapan saya ke depannya untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya ke S2 tidak perlu jauh-jauh ke luar kota karena sudah ada di Al Mawar, yang insya allah yaakan kami buka di Juli, kami harap diberi kelancaran untuk pembentukan universitas dalam 1 tahun kedepannya,” tandasnya. (K8/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top