KONAWE SELATAN

Pemda Konsel Gelar Pelatihan Aplikasi SIMRAL

Sekda Konsel saat menyerahkan sertifikat satuan tugas pelatih Aplikasi SIMRAL kepada perwakilan masing-masing OPD. FOTO: Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo — Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), menggelar pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan (SIMRAL), yang dibuka oleh Sekda Ir. H. Sjarif Sajang, Minggu (24/3).
Turut mendampingi, Plt. Dinas Kominfo Muh. Yusuf dan Kepala Bappeda Hj. Marwiyah Tombili, dengan peserta para Kepala Sub Bagian (Kasubag) dan Kepala Seksi (Kasie) perencanaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 25 Kantor Kecamatan se-Konsel.
Pelatihan tersebut, dalam rangka mengintegrasikan penerapan perencanaan pembangunan, mulai dari perencanaan ditingkat bawah hingga ketingkat atas. Sebagaimana dikemukakan oleh Sekda Konsel, Sjarif Sajang dalam sambutannya.
“SIMRAL merupakan wujud inovasi teknologi informasi dan komunikasi, untuk membangun tertib administrasi dan terjaganya konsistensi data pembangunan daerah. Dengan demikian, pengelolaan program dan kegiatan pembangunan, serta pengelolaan keuangan di daerah dapat dipertanggung jawabkan dan lebih transparan,” jelasnya.
Olehnya itu, lanjut dia aplikasi SIMRAL ini sangat dibutuhkan Pemda Konsel, dengan mendesak akan suatu perencanaan yang sistematis dan akuntabel (e-Planning), sekaligus menuntun dalam menyusun rencana program dan kegiatan pembangunan daerah.
“Kesemuanya nanti akan dituangkan dalam aplikasi SIMRAL, dengan melakukan penginputan secara online, dimulai dari Desa, Kecamatan hingga tingkat Kabupaten, yang dapat dilihat atau diketahui serta diakses dan apa yang diusulkan oleh masyarakat umum secara transparan,” tambahnya.
Pihaknya berharap, peserta yang ikut pelatihan dapat mengerti, mengetahui penerapan sistem ini, serta memahami sasaran kinerja RPJMD yang sisa dua tahun lagi, yang ada pada database masing-masing instansi. Terutama bisa menggunakan komputer/teknologi informasi.
“Jika masih ada para Kasubag/Kasie yang buta IT/Komputer, saya minta mengundurkan diri sebelum kita gantikan yang lebih mampu, dan akan kita cek satu persatu terkait keahlian dibidang ini, apalagi target kita 2021 semua penganggaran dan pelaporan sudah berbasis website,” tegas Sjarif.
Sementara itu, selaku penanggung jawab kegiatan, Plt Kepala Dinas Kominfo, Muh Yusuf menjelaskan bahwa, tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas aparat perencana pada masing-masing OPD berbasis aplikasi terintegrasi, dan sinkronisasi program dan kegiatan pada tahapan perencanaan untuk mengakomodir prinsip-prisnsi bottom up, top down, teknokratis dan politis.
“Juga untuk menyelaraskan program dan kegiatan antar OPD dalam optimalisasi pencapaian sasaran sesuai kewenangan, untuk mengakomodir kebutuhan dan sinergi pelaksanaan prioritas pembangunan daerah melalui Aplikasi SIMRAL, yang terintegrasi dengan e-budgeting,” pungkas Yusuf. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top