MUNA

Disperindag Muna Kini Punya Unit Metrologi Legal

KOLAKAPOS, RAHA — Pemerintah kabupaten (Pemkab) Muna melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Muna  kini telah membentuk Unit Metrologi Legal untuk menjamin kepastian dan kenyamanan konsumen pasar di wilayah setempat. Tugas Unit Metrologi ini  memberikan pelayanan pengujian berbagai alat-alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) serta melayani tera (tanda uji pada alat ukur,red) dan tera ulang (pengujian kembali secara berkala terhadap UTTP dan ukuran yang dipakai dalam perdagangan,red).

Kepala Bidang Perlindungan Konsumen Disperindag Muna, Sarwati Kuasa mengatakan, tidak mudah membentuk Unit Mertrologi ini. Sebab pihaknya harus memenuhi berbagai macam persyaratan yakni harus  memiliki alat standar, mempunyai  gedung, punya tenaga penera dan menyediakan panduan mutu. “Di Sulawesi Tenggara hanya ada empat daerah yang telah memiliki Unit Metrologi. Salah satunya Muna,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya Senin, (25/3)

Desember 2018 silam kata Sarwati, tim dari Direktorat Jendral Metrologi Bandung telah melakukan survei tehadap kelayakan Unit Metrologi Legal ini ditempatkan di Muna. “Mereka melihat syarat-syarat kelayakan yang harus kita penuhi. Alhamdulilah, semua persyaratan sudah kita penuhi. Pekan lalu bertempat di Bandung akhirnya Menteri Perdangan RI Enggartiasto Lukita, telah meresmikan berdirinya Unit Metrologi di Muna,” ungkapnya

Terpisah,  Plt Kadis Perindag Kabupaten Muna.Drs La Taha sangat bersyukur atas diremikinnya Unit Mertrologi Legal ini. “Kita berharap dengan adanya unit baru ini, potensi terjadinya kecurangan dalam hal jual beli yang menggunakan alat ukur, takar dan timbang, dapat dicegah,” tandasnya. (m1/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top