BERITA UTAMA

KPU Kolaka Optimis Logistik Pemilu Bisa Rampung Sebelum Hari H

Ketua KPU Kolaka Kamal Baddu

KOLAKAPOS, Kolaka — Meski dilaporkan sejumlah logistik pemilu belum semuanya lengkap hingga Tiga pekan menjelang Pemilu, Komisi Pemilihan Umum KPU Kabupaten Kolaka optimis bisa rampung sebelum pelaksanaan pemungutan suara. Hal itu diungkapkan oleh ketua KPU Kolaka, Kamal Baddu yang ditemui di kantornya (25/3).

“Kita tetap optimis, masih ada waktu sebelum hari H, ” ungkapnya.
Kamal juga mengakui memang untuk sementara kelengkapan logistik belum sepenuhnya rampung. “Masih berproses seperti surat suara untuk DPRD kabupaten ada dua dapil baru tiba dan kita akan lakukan penyortiran dan pelipatan dulu, kalau logistik lainnya masih ada yang kurang juga dari yang tiba,” terang Ketua KPU Kolaka yang baru dilantik beberapa pekan itu.

Sementara itu, sekretaris KPU Kolaka , Idham Hindardi juga mengatakan bahwa kekurangan logistik pemilu itu nanti akan dilaporkan ke KPU RI dan Propinsi jika semua penyortiran dan pelipatan kertas suara rampung. “Kita dikasih batas waktu sampai tanggal 1 bulan April untuk melaporkan terkait apa kekurangan dan tambahan nya, tapi nanti setelah rampung kita sortir dan lipat yang baru datang itu , karena kita mau tau berapa total yang rusak dan kurangnya,” terang Idham.

Logistik pemilu yang dianggap paling banyak yang akan mendapatkan tambahan kata Idham adalah surat suara, sebab untuk sementara ditemukan hampir ribuan yang rusak atau tidak bisa digunakan.”Kalau kotak suara kan hanya sekitar puluhan, dan form-form C1 dan hologramnya serta lainnya, yang utama kertas suara banyak yang rusak dan ada yang kurang dari manifest,” terang Idham.

Yang terbanyak kertas suara yang rusak kata Idam adalah kertas suara untuk DPRD Propinsi karena kesalahan cetak. “Itu banyak yang degradasi warna, warnanya jadi ungu, jadi tidak bisa digunakan, itu ada sekitar 4000an, ” ujar Idham (mir/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top