BERITA UTAMA

Pemda Kolaka Siapkan 10 Hektar Lahan Pembangunan Kampus Politeknik Negeri Kolaka

Kabag Pemerintahan Umum Setda Kolaka Arifin Jamal BD

KOLAKAPOS, Kolaka — Keseriusan Pemda Kolaka dalam membangun satu perguruan tinggi negeri di Kolaka rupanya mulai dibuktikan. Sebab Pemda Kolaka saat ini akan menyiapkan lahan seluas sepuluh hektar untuk lokasi pembangunan kampus Politeknik. Hal ini diungkapkan Kabag Pemerintahan Umum Setda Kolaka Arifin Jamal.

” Insya Allah kita akan siapkan lahan 10 hektar, karena dalam persyaratan untuk mendirikan suatu perguruan tinggi Politeknik salah satunya harus ada lahan seluas 10 hektar dan itu kita sudah siapkan, persyaratan yang kedua pemerintah daerah mampu menyiapkan gedung sementara untuk perkuliahan itu juga akan kita siapkan, ” ungkap Kabag Pemerintahan umum Setda Kolaka Arifin Jamal saat ditemui media ini, Rabu (27/3).

Guna mempermudah proses pembentukan Politeknik negeri Kolaka, kata Arifin, Pemda Kolaka menggandeng kampus Politeknik Negeri Ujung Pandang. Hal ini dilakukan agar Pemda Kolaka tidak kesulitan dalam mengurus izin pendirian dari Kementrian Pendidikan, karena telah mendapatkan banyak petunjuk.

” Jadi Politeknik Negeri Ujung Pandang kita jadikan sebagai bapak angkat kita, agar Kolaka kedepannya mampu membentuk suatu perguruan tinggi Politeknik Negeri Kolaka. Untuk itu sebagai langkah awal kami jalin dulu komunikasi, dan kami juga saat ini lagi fokus mengurus izin dari kementrian setelah kami mendapatkan izin maka langkah awal yang harus kita siapkan yaitu menyiapkan gedung minimal untuk tiga program studi, ” akunya.

Arifin Jamal mengakuh jika, pembentukan Politeknik dikabupaten Kolaka merupakan ide dan inisiatif bapak bupati Kolaka, sebab bupati melihat potensi untuk pendirian politeknik sangat terbuka luas dikarenakan wilayah Kolaka memiliki banyak potensi baik dari sumber daya alam (SDA) maupun dari sumber daya manusianya (SDM).

” Bapak Bupati sangat tertarik mendirikan politeknik ini, karena outputnya menciptakan generasi yang mempunyai tenaga skil siap kerja, kemudian didukung dengan kondisi daerah kita yang memiliki banyak potensi khususnya potensi dibidang pertambangan. Karena selama ini kalau kita lihat faktanya untuk tenaga skil kita masih sangat minim selalu didatangkan dari luar daerah itu yang harus kita sadari, ” bebernya.

Olehnya itu, Pemda berupaya agar bagaimana Politeknik itu bisa hadir diKolaka, agar kedepannya Kolaka dapat menjadi ikon pendidikan yang ada di Sultra karena sudah banyak perguruan tinggi. Namun semua itu tak lepas dari dukungan semua pihak utamanya masyarakat dan perusahaan.

” Kami terus berupaya secepat mungkin dan kami optimis mampu membentuk perguruan tinggi baru sebab itu sudah menjadi target kami kedepannya. Karena dengan adanya politeknik itu akan lebih bagus lagi karena sudah banyak perguruan tinggi yang ada diKolaka. Apalagi disinikan ada SMK yang tentunya identik dengan teknik jadi animo adik-adik kita untuk berkuliah di politeknik akan semakin besar, ” jelasnya. (K9/c/hen).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top