BERITA UTAMA

Legislator PAN Usul Dinas Pemadam Kebakaran Berdiri Sendiri

Muh. Ajib Madjid (Legislator PAN)

KOLAKAPOS, Kolaka — Legislator PAN DPRD Kolaka, Muh. Ajib Madjid, mengusulkan agar Pemadam Kebakaran di Kolaka berdiri sendiri atau terbentuk dalam satu organisasi perangkat daerah (OPD). Hal itu disampaikan Muh Ajib dalam rapat paripurna pembentukan Perda pada Senin (1/4).

“Sudah seharusnya berdiri sendiri atau mandiri, agar pelayanan lebih cepat kalau terjadi kebakaran, kalau berdiri sendiri lebih sigap lagi, jangan terjadi seperti kemarin lagi, di depan kantor pemadam saja ada rumah hangus ludes terbakar, ” ucapnya.

Lanjutnya, kota Kolaka yang semakin berkembang dan padat sudah seharusnya memiliki dinas pemadam kebakaran yang mandiri tanpa digabung. “Memang seharusnya seperti itu. Karena tugasnya Damkar, apalagi untuk Kolaka ini semakin berkembang dan mulai padat, Saya kira damkar memang harus berdiri sendiri,” ujarnya.

Lanjutnya pula, Damkar merupakan penyelenggaran urusan wajib yang terkait pelayanan dasar. “Damkar ini merupakan penyelenggaraan urusan wajib yang terkait dengan pelayanan dasar, sangat prioritas sat terjadi musibah kebakaran, makanya harus berdiri sendiri sebagai sebuah dinas yang mendiri,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan penggabungan Damkar dengan Sat Pol PP membuat damkar di Kolaka tidak berkembang. “Kalau berdiri sendiri kan bagus, bisa lebih berkembang lagi,” terangnya.

Namun demikian kata Ajib, Pembentukan dinas damkar tersendiri juga harus melihat aturan pembentukan organisasi perangkat daerah. “Kalau dibolehkan dengan aturan, saya kira itu harus diwujudkan,” ungkapnya. (Mir/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top