METRO KOLAKA

Prodi Manajemen dan Akuntansi jadi Pilihan Favorit Pendaftar SNMPTN di USN

KOLAKAPOS, Kolaka– Sebanyak 355 calon mahasiswa baru (Maba) dinyatakan lulus di Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). 355 calon Maba lulus tersebut tersebar pada 24 program studi (prodi) dari enam fakultas yang ada di Kampus Mreha Marun itu. Dari 24 prodi tersebut, ada beberapa prodi menjadi pilihan favorit para calon Maba.

Wakil Rektor I USN Kolaka, Prof Dr Ruslin Hadanu, M.Si menjelaskan prodi yang paling diminati pada jalur seleksi nasional itu adalah Ilmu Manajemen, Akuntansi, dan Administrasi Publik. “Untuk daya tampung jurusan Akuntansi sebanyak 56 orang dengan jumlah pendaftar 75 orang. Daya tampung jurusan Manajemen sebanyak 70 orang, pendaftarnya sejumlah 75 orang.

Kemudian, di posisi ketiga yakni jurusan Administrasi Publik dengan daya tampung 70 orang, dengan jumlah pendaftar 54 orang. Disusul, jurusan Sistem Informasi, Ilmu Komputer, dan Farmasi,” papar Prof Ruslin, akhir pekan kemarin.

Sementara itu, sejumlah prodi lainnya pendaftarnya masih di bawah daya tampung. “Kalau jalur SNMPTN yang tidak diminati itu kebanyakan eksakta,” tambahnya.

Ia mengkungkapkan, kurangnya jumlah pendaftar karena banyak sekolah menengah atas di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang bermasalah pada pangkalan data siswa dan sekolah (PDSS).

Selain itu, penerimaan juga dipengaruhi oleh akreditasi sekolah. Sehingga berimbas pada penurunan kuota dibandingkan tahun sebelumnya. “Bukan karena peminatnya kurang, tapi karena kedua hal tersebut,” terangnya.

Untuk diketahui, pendaftar yang sudah diterima di jalur SNMPTN, maka tidak diperbolehkan lagi untuk mengikuti tes jalur SBMPTN. Mereka bisa mendaftar, tetapi otomatis akan gugur di SNMPTN. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top