METRO KOLAKA

SMPN 1 Latambaga Langganan Banjir, Dinas PU Diminta Segera Bertindak

Kondisi SMPN 1 Latambaga yang terendam bajir. Istimewa/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Hujan mengguyur Kolaka selama beberapa hari terakhir ini menyebabkan banjir di SMPN 1 Latambaga. Banjir yang datang merendam sejumlah ruang kelas di sekolah yang terletak di Kelurahan Mangolo, Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka itu. Akibatnya, para siswa dan guru tidak melakukan kegiatan belajar dan lebih memilih membersihkan kelas yang terendam.

Kepala SMPN 1 Latambaga, Dakir Torang mengungkapkan, sekolah yang dipimpinnya memang sudah menjadi langganan banjir sejak lima tahun terakhir ini. “Sebelumnya tidak parah seperti ini, paling hanya halaman saja. Tetapi kalau sekarang sudah sangat parah, kalau hujannya sampai satu jam lebih itu masuk sampai ke ruang belajar, ini sangat menggangu. Sudah hampir lima tahun seperti ini sejak saya menjabat jadi Kepsek di sekolah ini,” ujar Dakir Torang kepada Kolaka Pos, kemarin (1/4).

Posisi SMPN 1 Latambaga yang berada di dataran rendah menyebabkan sekolah itu menjadi kebanjiran saat hujan lebat. Selain itu, menurut Dakir, banjir juga disebabkan karena tidak adanya drainase di lingkungan sekolah yang bisa mengalirkan volume air yang besar menuju ke laut. “Ada saluran di jalan poros, tapi itu nda bisa lagi diandalkan saluran karena memang tidak ada jalanannya air yang bisa membuang ke langsung laut. Apalagi kita ini posisinya rendah. Belum lagi air yang dari gunung, terus semakin banyak bangunan gudang di sini sehingga tertutup jalurnya,” terangnya.

Kata Dakir, sebenarnya pihaknya sudah sering menyampaikan kondisi ini kepada pihak-pihak terkait untuk mencari solusi. Namun dia memaklumi jika sampai saat ini belum ada anggaran untuk mengatasinya. “Saya sudah sering sampaikan di forum-forum, mulai dari tingkat bawah pak lurah sampai di Musrenbang, Alhamdulillah sudah pernah ditinjau, tapi kami maklum mungkin kondisi belum bisa direalisasikan untuk mengatasinya,” kata Dakir sembari berharap tahun ini masalah banjir tersebut bisa segera diatasi oleh pemerintah setempat.

Anggota DPRD Kolaka, Anis Pamma yang baru mengetahui persoalan itu langsung menghubungi Dinas PU Kolaka untuk segera mengambil langkah cepat mengantisipasi banjir tersebut. “Saya minta ini segera dituntaskan. Ini juga prioritas, kasian sekali kalau terus menerus seperti itu, jelas mengganggu proses belajar anak bangsa,” kata Anis kemarin (1/4).

Menurut Legislator Golkar itu, hasil koordinasinya dengan pihak Dinas PU, bahwa hal tersebut akan segera diatasi dalam bulan ini dengan menggunakan anggaran rutin pemeliharaan jalan. “Saya sudah komunikasikan dengan pak Kadis PU, katanya bulan ini bisa diatasi, tinggal tunggu izin dari balai, karena yang punya jalan propinsi. Itu mau dibuatkan saluran pembuangan di depan jalan itu juga dengan beton precast, semoga bisa direalisasikan,” ujarnya. Anis juga mengatakan dirinya akan selalu memperhatikan masalah-masalah yang dihadapi warga yang prioritas untuk diperjuangkan. (mir/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top