METRO KOLAKA

17 SMP di Kolaka Siap Gelar UNBK

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dikbud Kolaka Mujabar, S. Pd, M. Si

KOLAKAPOS, Kolaka — Pelaksanaan UNBK tingkat sekolah menengah pertama (SMP) bakal dilaksanakan diseluruh wilayah Indonesia pada akhir bulan April ini.
Untuk kabupaten Kolaka sebanyak 17 sekolah siap melaksanakan UNBK yang tersebar di seluruh wilayah Kolaka.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pendidikan Dasa Dikbud Kolaka Mujabar mengatakan, peningkatan sekolah yang mengikuti UNBK tahun ini terus bertambah. Dimana sebelumnya Kolaka pada tahun 2018 lalu hanya tujuh sekolah yang mengikuti UNBK.

“Allhamdulilah tahun ini sekolah yang mengikuti UNBK terus bertambah dan kedepannya akan terus bertambah. Kami terus mendorong para kepala sekolah agar mereka dapat melaksanakan UNBK seperti sekolah lain yang telah melaksanakan UNBK,” ungkpanya saat ditemui media ini, Senin (1/4).

Menurutnya, sekolah yang menggunakan sistem UNBK memiliki banyak keuntungan, sebab sekolah dan siswa tak lagi harus direpotkan dengan berbagai persiapan yang sifatnya manual seperti siswa harus menyiapkan pensil, papan komputer, dan lain sebagainya.

“Sistem UNBK sangat membantu dari segi penganggran, pengawasanya, kemudian pemeriksaan tidak terlalu ribet dan banyak keuntungan,” jelasnya.

Meski saat ini kata Mujabar, yang menjadi keluhan bagi sekolah terkait minimnya fasilitas komputer, namun itu bukanlah suatu hambatan untuk melaksanakan UNBK, sebab bagi sekolah yang tidak memiliki fasilitas komputer dapat meminjam ke sekolah lain dan saat ini sudah banyak dilakukan oleh pihak sekolah agar dapat melaksanakan UNBK.

“Kendala saat ini minimnya fasilitas komputer, namun bukan berarti sekolah tidak bisa melaksanakan UNBK. Karena bagi sekolah yang tidak memiliki fasilitas komputer bisa meminjam kesekolah yang fasilitas komputernya ada atau pihak sekolah bisa meminjam laptop siswa untuk memenuhi kebutuhan sarana komputer,” akunya.

Pihaknya juga akan terus berupaya agar pemenuhan kebutuhan komputer disetiap sekolah dapat terpenuhi.

“Tahun ini kami telah menganggarkan untuk pengadaan komputer, sebab bapak Bupati menginginkan agar ilmu teknologi atau IT siswa terus meningkatkan. Dan mudah-mudahan bantuan dari pemerintah pusat juga bisa ada seperti tahun sebelumnya ada beberapa sekolah yang mendapatkan bantuan komputer,” tutupnya. (K9/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top