BERITA UTAMA

Cukup Tinggi, Tingkat Kepatuhan LHKPN Anggota DPRD Kolaka

Anis Pamma (Legislator Golkar DPRD Kolaka) memperlihatkan data LHKPN yang sudah dilaporkannya.

Anis Pamma: LHKPN adalah Wajib

KOLAKAPOS, Kolaka — Tingkat kepatuhan anggota DPRD seluruh Indonesia saat ini tercatat rendah dalam melaporkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Hal itu tertuang dalam data situs LHKPN KPK sejak batas terakhir melapor pada akhir bulan Maret lalu. Namun demikian, Legilsator DPRD Kolaka tingkat kepatuhannya tercatat cukup tinggi. “Kalau kita lihat disitus LHKPN KPK memang seluruh Indonesia tercatat sangat rendah, dari 15 ribu lebih anggota DPRD tercatat hanya 4 ribuan yang melapor, tetapi kalau di DPRD Kolaka saya lihat teman-teman semuanya hampir rata rata melaporkan semua, hanya dihitung jari saja mungkin yang belum karena lupa atau lagi sibuk,” tutur Anis Pamma, Ketua Fraksi Golkar Kolaka (3/4).

Sambung Anis, tingginya Kepatuhan anggota DPRD Kolaka itu pasti akan membuat citra anggota DPRD Kolaka membaik. “Disitus itu kita publik melihat berapa jumlah kekayaan pejabat, termasuk kita yang ada di DPRD, saya kira dengan tingkat kepatuahan yang tinggi citra Anggota DPRD Kolaka Dimata publik juga akan baik,” sambungnya.

Dia juga menyatakan sebagai penyelenggara negara , anggota DPRD wajib melaporkan harta kekayaannya. “Ini kan perintah undang-undang, jadi adalah kewajiban yang harus diikuti semua anggota DPRD,” ungkapnya.

Sebaliknya kata Anis, Ketidakpatuhan LHKPN bagi anggota DPRD justru akan membuat citra anggota DPRD buruk.”kalau kita tidak laporkan justru publik akan bertanya-tanya, ada apa? Kita pasti dinilai ketakutan untuk memperlihatkan harta kita, lalu timbul prasangka jangan jangan hartanya selama tidak memiliki asal-usul yang jelas, jangan jangan hasil korupsi, jadi citra akan buruk, dan pastinya jadi incaran KPK juga,” ujarnya.

Terkait harta kekayaannya, Anis menyebut dirinya sudah melaporkan seluruhnya dalam LHKPN senilai 3,3 Milyar. (Mir/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top