KONAWE SELATAN

DPKP Konsel Target Bangun 210 RLH Tahun Ini

Kepala DPKP Konsel, Ainal Rauf.

KOLAKAPOS, Andoolo — Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman kabupaten Konawe Selatan (Konsel), menargetkan membangun 210 rumah layak huni (RLH) tahun ini. Hal tersebut disampaikan Kepala DPKP Ainal Rauf, Rabu (3/4).

Dikatakan Ainal, tahun ini pihaknya telah menargetkan akan membangun 210 unit RLH, untuk masyarakat Konsel yang kategori memiliki rumah tidak layak huni atau kurang mampu.

“Masyarakat tidak mampu ini, sesuai data dan usulan Desa, yang kemudian diverifikasi oleh Dinas, apakah layak atau tidak diberi bantuan,” jelasnya.

Lanjutnya, dari target 210 unit bantuan pembangunan RLH ini, akan tersebar di 25 Kecamatan di Konsel yang masing-masing dibagi 14 unit perkecamatan, untuk nantinya disalurkan ke desa-desa yang berhak mendapatkan, sesuai data yang telah diverifikasi.

“Dalam pengerjaan RLH tahun ini, ada beberapa item kategori pembangunan rumah. Pertama rehab ringan, sedang dan rehab berat. Untuk rehab ringan dilihat dari struktur bangunannya seperti lantai, dinding dan atap. Selanjutnya dinilai hanya salah satunya yang perlu dibenahi, kemudian untuk rehap sedang itu dari lantai, atap dan dinding diperbaiki,” terangnya.

Sedangkan sambung Ainal, untuk rehab berat itu pengerjaannya mulai dari lantai, dinding dan atap. Kemudian dilihat apabila belum memiliki sarana Water Closet (WC), itu akan dibuatkan.

“Untuk anggaran Rehab ringan sebesar Rp7,5 juta, rehab sedang Rp15 juta dan rehab berat Rp30 juta. Sementara untuk pembangunan RLH tahun 2018, DPKP telah membangun 56 unit RLH bangun baru atau rehab berat dan 6 unit rehab ringan. Jadi total RLH 2018 yang berhasil dibangun oleh DPKP sebanyak 64 unit RLH,” tutupnya. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top