BERITA UTAMA

Hadapi Era Industri 4.0 Kualitas SDM Harus Ditingkatkan

Bupati Kolaka H Ahmad Safei Saat Melakukan Peninjauan Alat Pratek Bagi Peserta Pelatihan Di Workshop BLK Kolaka

Bupati Kolaka Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi

KOLAKAPOS, Kolaka — Bupati Kolaka H Ahmad Safei resmi membuka pelatihan berbasis kompetensi di Balai latihan kerja dan keterampilan (BLKK) Kolaka, yang dihadiri Ketua DPRD Kolaka H Parmin Dasir, Kepala BLK Kendari dan jajaran OPD lingkup Pemda Kolaka, Senin (1/4).

Dalam sambutannya bupati Kolaka H Ahmad Safei menyampaikan, dalam menghadapi era industri 4.0 saat ini memang era yang menuntut kita harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) kita dalam menghadapi era industri ini, sebab jika tidak kita akan ketinggalan.

Olehnya itu, pemerintah akan selalu berupaya agar mutu SDM terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dengan cara mengadakan pelatihan kepada masyarakat serta memberikan bantuan agar dapat membuka peluang usaha serta kemandirian masyarakat. Juga melakukan pembenahan sarana pelatihan.

” Mulai tahun ini kita sudah melakukan pelatihan di BLK ini untuk menghadapi era industri yang sangat maju. Muda-mudahan ini semua bisa memberikan kemajuan bagi SDM kita agar jangan kita ketinggalan, kita harapkan seperti itu. Dan alhamdulillah tahun ini kita sudah mulai membenahi dengan melakukan rehabilitasi gedung dan workshop, ” ungkap Ahmad Safei dihadapan ratusan peserta pelatihan.

Kementrian Ketenagakerjaan (Kemenaker) kata Safei memang telah memprogramkan dan sudah mempersiapkan pelatihan-pelatihan seperti ini diseluruh wilayah Indonesia dan untuk Kolaka tahun ini ada sekitar 900 orang yang akan mengikuti pelatihan.

Sehingga kita berharap disetiap anak-anak kita yang keluar dari BLK Kolaka selain mendapatkan sertifikat bisa diberikan juga peralatan pasca pelatihan meski kita masi terkendala anggaran akan tetapi tahun ini ada beberapa kelompok yang akan kita berikan bantuan peralatan, mudah-mudahan tahun depan seluruh peserta kita juga akan memberikan bantuan kepada peserta yang ingin mandiri. Karena kita inginkan, kita tidak hanya melatih saja dan memberikan sertifikat tidak hanya disitu akan tetapi kita juga inginkan mencarikan peluang kerja.

” Para peserta nantinya setiap selesai pelatihan BLK Kolaka akan melaporkan kepada semua perusahaan-perusahaan yang terkait dengan pelatihan ini, sehingga mudah-mudahan dengan informasi itu, perusahaan tidak lagi pusing mau cari dimana tenaga kerja. Olehnya itu kepada semua peserta agar dititipkan alamat lengkapnya serta nomor HPnya kepada BLK supaya ketika ada permintaan ketenagakerjaan akan langsung menghubungi, ” jelasnya.

Untuk itu Safei berharap agar para peserta dapat mengikuti pelatihan secara saksama dan penuh rasa tanggung jawab sehingga hasil yang diperoleh selama pelatihan bisa maksimal sehingga dapat dimamfaatkan bagi diri sendiri dan daerah.

Selain itu Safei juga menghimbau agar para peserta dapat selalu mendukung dan menjaga stabilitas daerah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi dalam menghadapi pesta demokrasi, agar tidak mudah terpropokasi dengan isu hoax.

” Yang terpenting selaku pemerintah agar anak-anakku sekalian dapat bersama-sama menjaga stabilitas daerah kita, sebab jika semuanya stabil maka akab banyak investor yang datang dalam menanamkan modalnya. Jangan terpancing hal yang hoax yang bisa membuat investor ketakutan untuk hadir kesini, karena kalau hanya kita-kita saja orang Kolaka yang membangun dunia usaha akan terasa sulit jadi kita. Sehingga kita harapkan ada investasi masuk dikolaka ini agar supaya kita bisa bekerja disitu. Dan kami juga pemerintah tidak akan tutup mata dan akan terua membangun daerah kita ini, ” tutupnya.

Untuk diketahui tahun ini BLK Kolaka kembali membuka pelatihan di 11 program jurusan yaitu jurusan Basic office, Design Grafis, Gambar bangunan, Las SMAW 3G, Instalasi Penerangan, Menjahit Pakean Dasar, Mebuat Roti, Mekanik junior sepeda motor, mekanik junior kendaraan ringan (Mobil bensin), mesin produksi (Bubut). (K9/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top