METRO KOLAKA

Sinergi Program CSR Antam di Wilayah Ring I Dinilai Berhasil

Silaturahmi antara Manajemen PT Antam UPBN Sultra dengan Fokopimcam Pomalaa bersama kepala desa/kepala lurah dan masyarakat setempat, di aula pertemuan Kantor Camat Pomalaa, Senin (1/4) lalu. Disela kegiatan, VP HC and CSR PT Antam UBPN Sultra, Kamsi menyerahkan bantuan alat pendingin ruangan untuk kantor Kecamatan Pomalaa yang diterima secara simbolis oleh Camat Pomalaa, Sairman.ist/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Apa yang telah diberikan PT Aneka Tambang (Antam) Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sulawesi Tenggara (Sultra), melalui program Community Social Responsibility (CSR) di wilayah ring I tak perlu diragukan lagi. Bahkan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Fokopimcam) Pomalaa, menilai gebrakan Antam dalam mendorong percepatan pembangunan di kecamatan Pomalaa tergolong berhasil.
Menurut Camat Pomalaa Sairman, implementasi program CSR Antam tahun lalu di wilayah kerjanya sudah selesai dilaksanakan dan dinilai berhasil, kini masyarakat sudah bisa menikmatinya.

Dia juga mengapresiasi pelaksanaan kegiatan silaturahmi antara Manajemen PT Antam UPBN Sultra dengan Fokopimcam Pomalaa bersama kepala desa/kepala lurah dan masyarakat setempat, di aula pertemuan Kantor Camat Pomalaa, Senin (1/4) lalu. Kata dia, tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi tentang program pembangunan di desa dan menyingkronkan rencana impelementasi penyaluran dana CSR Antam kedepannya.
Sairman juga mengapresiasi hubungan Antam dengan pemerintah desa/kelurahan dan kecamatan maupun pemerintah kabupaten Kolaka, yang dibangun berdasarkan sinergitas yang baik antara masing-masing pihak.

Apalagi di kecamatan Pomalaa, selama ini telah terjalin sinergi pendanaan program pembangunan. Dimana sejumlah program pembangunan yang tidak dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (ABPD) dan Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) diarahkan untuk diakomodir dalam anggaran CSR Antam.

Sairman tak luput meminta para kepala desa dan kepala lurah di jajarannya terus menyingkronkan program pendanaan pembangunan di desanya masing-masing dengan anggaran CSR Antam.
“Selain itu, penyusunan program pembangunan melalui anggaran CSR Antam mestinya dirumuskan bersama masyarakat, agar transparan dan hasilnya tepat sasaran,” imbuhnya.
Di tempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Kolaka Sudirman, mengingatkan semua stakeholders di Pomalaa untuk membangun komunikasi dan hubungan baik dengan Antam, terlebih lagi kontribusi perusahaan tambang BUMN itu sudah sangat besar bagi masyarakat di daerah itu.

Menurutnya, salah satu kontribusi nyata Antam adalah pengalokasian anggaran CSR untuk mendorong pembangunan di sektor kesehatan melalui program pembangunan Puskesmas Pomalaa hingga mencapai akreditasi paripurna.

“Ini satu-satunya Puskesmas di Sultra yang mampu meraih akreditasi (paripurna, red) tersebut,” katanya.
Sementara itu, Vice President Human Capital and CSR (VP HC and CSR) PT Antam UBPN Sultra, Kamsi menjelaskan, kehadiran perusahaan tambang milik negara itu bertujuan untuk membantu mendorong percepatan pembangunan di daerah.

Dia juga memastikan bahwa kehadiran Antam di Pomalaa memiliki tujuan mulia, yakni mendorong peningkatan taraf hidup masyarakat melalui pembangunan Sumbder Daya Manusia (SDM) melalui sosial budaya, pendidikan, kesehatan dan pembangunan ekonomi produktif.

“Selain program pembangunan infrastruktur, kedepan program pemberdayaan yang capaiannya bisa terukur mesti diutamakan,” tegasnya.

Kamsi juga berharap, kegiatan silaturahmi seperti itu dapat terus terlaksana di masa mendatang untuk memperat hubungan harmonis antar Antam dengan semua stakeholders di Pomalaa. (ist)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top