KONAWE SELATAN

Tingkatkan SDM, Pemda Konsel Teken MoU dengan UT Kendari

Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga saat berjabat tangan dengan Kepala UPBJJ UT Kendari Effendi, usai menandatangani MoU. FOTO: Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo — Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel), jalin kerja sama dengan Universitas Terbuka (UT) Kendari, untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dituangkan dalam nota kesepahaman, Rabu (3/4).

Kerjasama yang dituangkan dalam nota kesepahaman atau Memorandum Of Understanding (MoU) ini, meliputi bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat dan pemanfaatan SDM, serta kegiatan lain yang disepakati kedua belah pihak.

Penandatanganan dilaksanakan pada upacara penyerahan ijazah tahap I UT 2018-2019, yang turut disaksikan Rektor UT Prof. Ojat Djarot, Kasubag TU Arif Suhadi dan Kepala Bagian (Kabag) Hukum Pujinono, Kabag Humas Muh Taufik Amin Lar, serta Kabag Kerjasama Setda Konsel, Agustina Melamba.

Dalam sambutannya, Bupati Konsel Surunuddin Dangga, dihadapan 577 wisudawan/ti UT yang juga turut menyaksikan penandatanganan MoU ini, menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kerjasama antara Pemda dan UT, yang bertujuan agar dapat membantu mendorong percepatan peningkatan SDM di Konsel.

“Kerjasama bersama UT kita laksanakan, karena salah satu kampus yang menawarkan cara wajib belajar mandiri, tanpa meninggalkan rutinitas keseharian, khususnya bagi para guru ASN yang terus kita kembangkan kemampuan SDM-nya melalui peningkatan strata pendidikannya,” ungkap Surunuddin.

Hal tersebut lanjut dia, sejalan dengan program Pemda dalam meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat dan para ASN, yang akan terus dikembangkan dengan melakukan kerjasama pada semua bidang, sehingga misi tersebut dapat tercapai sesegera mungkin, karena modal dasar pembangunan adalah kualitas SDM.

“MoU hari ini (kemarin, red), merupakan Universitas yang ke-8 yang berkaitan dengan peningkatan kualitas SDM dan pengelolaan SDA, yang dilaksanakan demi percepatan pembangunan di daerah khususnya di bidang pendidikan menuju Desa Maju Konsel Hebat yang masyarakatnya mandiri, cerdas dan sejahtera,” terangnya.

Sedangkan menurut Kepala UPBJJ UT Kendari Effendi, kerjasama dengan universitasnya sangat menguntungkan bagi Pemda dan masyarakat Konsel, karena sistem pembelajaran yang diterapkan sesuai dengan perkembangan era digital 4.0 saat ini yang serba cepat, dengan tidak mengganggu pekerjaan yang dilakoni serta mampu berinteraksi dan menambah wawasan tanpa batas.

“Karena UT sudah menerapkan pembelajaran kuliah online maupun tatap muka, yang anak didiknya telah diajar sejak semester awal menggunakan teknologi sekaligus pembelajaran daring melalui website e-learning,” jelasnya.

Sehingga pihaknya berharap, lanjut Effendi dengan adanya MoU, masyarakat Konsel akan berbondong-bondong menempuh pendidikan di UT, yang juga memiliki banyak kelebihan dari akademi lain, khususnya bagi para guru yang ijazahnya belum linear dengan jurusan sesuai aturan kependidikan spesifik dan syarat mengajar.

“Sehingga hari ini (kemarin, red) kita adakan MoU untuk menjawab kebutuhan itu, yang juga dalam rangka membantu Pemda dan masyarakat Konsel, yang Insya Allah secepatnya akan dituangkan dalam perjanjian kerja sama melalui Disdikbud secara spesifik, termasuk sharing budget terkait beasiswa bagi masyarakat kurang mampu dan berprestasi serta bagi para ASN,” tukasnya. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top