KONAWE SELATAN

Susun RKPD Konsel 2020, Bupati Tekankan Fokus Pembangunan Skala Prioritas

Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga saat memberikan sambutan pada kegiatan Musrenbang Tingkat Kabupaten di Aula Bappeda Konsel. FOTO: Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo — Pemkab Konsel menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten, yang dipimpin oleh Bupati Konsel, Surunuddin Dangga, Kamis (4/4).
Surunuddin Dangga mengatakan, kegiatan Musrenbang dalam rangka penyusunan dan penyelarasan rencana kerja dan pembangunan daerah (RKPD) tahun 2020 atau tahun keempat perjalanan RPJMD Konsel periode 2016-2021, yang berfungsi sebagai konsultasi publik untuk menyelaraskan rancangan RKPD dengan usulan dari masyarakat.
“Yang didalamnya terjadi proses negosiasi, rekonsiliasi dan harmonisasi antara pemerintah dan pemangku kepentingan non pemerintah, sekaligus untuk mencapai konsensus bersama mengenai prioritas kegiatan pembangunan di Konsel yang akan dilaksanakan tahun 2020. Untuk itu, perlu diperhatikan pencapaian indikator pembangunan dengan meningkatkan sinergitas dan akselerasi pembangunan sesuai pencapaian visi pembangunan RPJMD yang telah berjalan,” jelasnya.
Lanjutnya, untuk lebih efektif dan efisien serta diketahui masyarakat terkait perencanaan dan realisasi pembangunan, di tahun ini juga Pemda Konsel mulai melaksanakan sistem perencanaan elektronik (E-Planning), dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan Secara Elektronik (SIMRAL).
“Adapun prioritas kegiatan pembangunan Konsel tahun 2020, yakni mengacu pada visi misi Bupati yang tertuang dalam RPJMD 2016-2021, kegiatan sektoral yang berpedoman pada kebijakan pembangunan Kabupaten, Provinsi dan Nasional, dan kegiatan tematik kewilayahan, serta pokok-pokok pikiran DPRD,” ungkapnya.
Ditambahkan Surunuddin, pihaknya mengajak kepada semua pihak, untuk memfokuskan target dan sasaran pembangunan jangka pendek/tahunan, sesuai prioritas daerah dengan tetap menjaga sinkronisasi pembangunan dengan pemerintah pusat dan provinsi, yang berorientasi pada asas manfaat dan kesejahteraan rakyat.
“Untuk mendukung hal itu, saya perintahkan TAPD dan Kepala OPD untuk lebih fokus pada pembiayaan program dan kegiatan yang berkualitas, serta memiliki nilai strategis dengan pencapaian kinerja yang terukur, baik output maupun outcome program, yang dilaksanakan walaupun ditengah-tengah terbatasnya sisi manajerial, SDM maupun kemampuan penganggaran,” terangnya.
Di tempat yang sama, sesuai isi pokok-pokok pikiran pihak DPRD Konsel yang disampaikan Ketua DPRD Irham Kalenggo, mengusulkan perlunya peningkatan pelayanan dan penambahan tenaga medis dan paramedis hingga pendistribusian ke pelosok Desa, penambahaan dan peningkatan kualitas pendidikan dan tenaga pengajar.
“Pemberian beasiswa bagi masyarakat tidak mampu dan berprestasi, mendorong ASN untuk meningkatkan SDM-nya, melalui pelatihan dan melanjutkan pendidikan kejenjang lebih tinggi, pendirian perguruan tinggi sekaligus dalam usaha mewujudkan Konsel sebagai kota pendidikan,” harapnya.
Sedangkan di bidang ekonomi kerakyatan, Irham menambahkan, perlu diupdate data penerima beras miskin, yang jatahnya sudah tidak sesuai dengan jumlah masyarakat penerima, dan menumbuh kembangkan minat petani yang semakin berkurang, dengan melakukan bimbingan, penyuluhan dan memberikan bantuan sarana dan prasarana, mengoptimalkan Bumdes yang telah didirikan,dan rahabilitasi dan penambahan kebun-kebun rakyat serta pendataan secara akurat rakyat miskin sesuai standar yang berlaku.
“Termasuk pemberian pelatihan terhadap pelaku adat dan budaya sebagai salah satu daya tarik wisata sekaligus pelestarian budaya di Konsel, juga lebih memperhatikan pengelolaan Dana Desa yang harus lebih transparan dengan memberikan bimtek kepada aparatur Desa,” imbuh Irham
Sementara itu, Kepala Bappeda Marwiyah Tombili dalam paparannya menjelaskan, bahwa secara garis besar visi misi Pemda Konsel 2016-2021 sesuai Perda No. 6 tahun 2016, Visi yakni mewujudkan Konsel sejahtera, unggul dan amanah berbasis perdesaan tahun 2021, dengan misi, mewujudkan tata laksana pemerintahan yang baik dan bersih, meningkatkan kualitas SDM dan pengembangan ekonomi lokal dan daerah yang berkelanjutan, serta meningkatkan ketahanan pangan daerah.
“Dengan prioritas RKPD tahun 2020, yakni pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, infrastruktur dan pemerataan wilayah, nilai tambah sektor rill, industrialisasi dan kesempatan kerja, ketahanan pangan, air dan lingkungan hidup, stabilitas pertahanan dan keamanan,” pungkasnya.
Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut turut mendampingi, Wakil Bupati Konsel Arsalim Arifin, Sekda Sjarif Sajang, Ketua DPRD Irham Kalenggo, perwakilan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sultra Hamruddin, serta Kepala Bappeda Konsel, Marwiyah Tombili. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top