BERITA UTAMA

Dinas PU Optimis Atasi Masalah Genangan Air Dalam Kota Kolaka

Kadis PU saat memantau persiapan pemasangan Precast di Jalan Pramuka.

KOLAKAPOS, Kolaka — Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kolaka Dwi Dharma mengatakan optimis bisa mengatasi persoalan Genangan air di dalam Kota Kolaka. Hal itu disampaikan usai memantau pemasangan precast di persimpangan jalan Pramuka dan jalan Khairil Anwar Kolaka.
“Insya Allah kita bisa atasi, kalau precast ini sudah terpasang nanti kita lihat bagaimana hasilnya kalau musim hujan, ” terangnya (5/4).
Lanjutnya, rencananya untuk mengalirkan genangan air yang sering jadi masalah di sekitar jalan Konggoasa pihaknya juga akan memasang precast di tugu Antam dekat pasar sentral Kolaka. “Nanti kita akan pasang juga di tiga Antam , sehingga air akan langsung mengalir ke laut , saya sudah komunikasikan dengan pak bupati, dan disetujui, jadi kalau hujan, air tidak akan tergenang lagi,” ungkapnya.
Beberapa titik juga di dalam kota Kata Dwi pihaknya akan menggunakan precast untuk mengalirkan air, dan katanya beberapa kelurahan siap berkolaborasi dengan dinas PU untuk memasang precast. “Seperti di kelurahan Lamokato, pak lurahnya sudah setuju, bahwa mereka menyiapkan precast, kita yang akan pasangkan, jadi ada kolaborasi, sehingga saya yakin persoalan genangan air bisa teratasi,” ujarnya.
Lanjutnya, persoalan genangan air memang menjadi soal didalam kota Kolaka, sebab selain saluran air yang sering mampet akibat sedimentasi juga akibat sampah. Selain itu juga tidak adanya kanal air yang cukup besar menampung buangan air saat musim penghujan. “Ini juga yang kita rencanakan, kita akan buat kanal untuk membuang air jika hujan deras turun, sehingga tidak ada lagi genangan – genangan air, ” ungkapnya.
Dia juga berharap masyarakat bisa membantu pemerintah untuk bersama sama menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampahnya sembarangan, karena hal itu termasuk penyebab terjadinya saluran air menjadi mampet. (Mir/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top