METRO KOLAKA

Sukseskan Pemilu, Bupati Instruksikan Gelar Ronda Malam

Bupati Kolaka, H Ahmad Safei bersama Forkopimda usai menggelar apel gelar pasukan Linmas dalam rangka pengamanan Pemilu 2019 di halaman Kantor Bupati Kolaka, Senin (8/4). FOTO: Neno/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Mewujudkan Pemilihan umum (Pemilu) yang aman dan damai pada 17 April mendatang, Pemerintah daerah Kolaka mengintruksikan kepada seluruh Camat, lurah, dan kepala desa agar melakukan kegiatan ronda malam.

Bupati Kolaka H Ahmad Safei mengatakan, sebaiknya seluruh Camat, lurah dan kepala desa agar melakukan ronda di malam hari. Hal dilakukan agar menjaga keamanan menjelang Pemilu.

“Saya instruksikan kepada semua camat, lurah dan kepala desa agar mulai H-5 untuk mengaktifkan semua ronda disetiap sudut wilayahnya masing-masing sampai dua hari setelah pencoblosan, hal ini kita lakukan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya saat menggelar Apel Gelar Pasukan Linmas Dalam Rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2019 di halaman kantor bupati Kolaka, yang dihadiri ketua DPRD Kolaka H Parmin Dasir, Dandim 1412 Kolaka Letkol Kav Amran Wahid, Kapolres Kolaka AKBP Bambang Satriawan, dan seluruh jajaran OPD lingkup Pemda Kolaka, serta camat, luran, dan kepala desa, Senin (8/4).

Pelaksanaan Pemilu tahun ini, kata Safei ada sebanyak 703 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar diseluruh wilayah Kolaka, sehingga dengan jumlah yang cukup banyak ini, maka setiap personil Polri akan menjaga dua sampai tiga TPS. Maka dibutuhkan peran dari anggota Linmas agar membantu personil Polri dalam menjaga dan mengamankan setiap TPS.

“Ada 703 TPS kalau dibagi personil Polri yang akan bertugas dilapangan ada kemungkinan tiga TPS yang akan dijaga oleh satu personil polisi olehnya itu saya berharap kepada bapak-bapak Kamtibmas agar setiap TPS menjaga dua orang Linmas agar dua orang ini untuk selalu waspada dan tidak meninggalkan tempat tugasnya atau TPS saat bertugas, kalau ada hal-hal yang akan dikoordinasikan ketempat lain mungkin butuh apa atau urusan lain agar supaya melaporkan kerekan yang lainnya agar TPS tidak kosong dan dalam penjagaan Linmas, “ucapnya.

Olehnya itu, Safei mengajak kepada semua elemen masyarakat, agar bersama-sama menyukseskan pesta demokrasi ini. “Sukses atau tidaknya Pemilu tergantung sinergitas seluruh komponen bangsa mulai dari penyelenggara pemilu, dalam hal ini KPU, aparat keamanan baik dari unsur TNI-Polri, Pol PP dan Linmas Bawaslu, Sinergitas tersebut sangat menentukan kesuksesan Pemilu yang akan dilaksanakan secara umum jujur, adil, dan rahasia,” pintanya.

Bupati juga berpesan agar setiap aparat keamanan dapat selalu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya denagn sebaik-baiknya. “Saya berpesan laksanakanlah tugas dan amanah ini dengan penuh semangat, disiplin, tulus, dan ikhlas sehingga pelakasaan pengamanan bisa berjalan dengan tertib aman dan terkendali yang juga akan bernilai ibadah dimata Allah SWT tuhan semesta alam,” tutupnya. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top