BERITA UTAMA

Sejumlah Warga Masih Datangi KPU Kolaka

Pengepakan logistik pemilu di KPU Kolaka

KOLAKAPOS, Kolaka — Meski Batas akhir pendaftaran pindah memilih sudah ditutup sejak Rabu (10/4), sejumlah warga yang hendak mendaftarkan diri atau mendapatkan formulir A5 pindah memilih masih saja berdatangan di KPU Kolaka.

Sekretaris KPU Kolaka, Idham Hindardi yang dikonfirmasi terkait hal itu membenarkan jika masih saja ada warga yang datang. “Iya, masih ada yang datang, tapi kan sudah ditutup, tidak bisa lagi kita layani,” ujarnya.

Kata Idham, pihaknya menutup pelayanan Form A5 sesuai keputusan MK pemilih dengan kondisi tertentu yang hanya bisa melakukan pendaftaran hingga 10 April 2019 yakni pindah alamat karena sakit, terjerat pidana, terkena musibah bencana alam dan dinas atau tugas luar kota. “Putusannya kan tanggal 10 kemarin batasnya, makanya tidak bisa lagi kita layani,” ujarnya.

Tidak hanya itu, kata Idham beberapa warga yang juga tidak terdaftar dalam DPT masih saja ada yang datang mempertanyakan mengapa mereka tidak terdaftar. “Padahal sejak lama sudah disampaikan, bahwa mereka yang belum terdaftar silahkan hubungi pemerintah setempat, atau petugas PPS, kalau sudah saat seperti ini sudah tidak bisa, paling mereka bisa mendaftar langsung di TPS sebagai DPK, tetapi harus memperlihatkan KTP setempat,” ujarnya. “Apalagi sebentar kita sudah mau plenonya, jadi sudah tidak bisa lagi,” tambahnya.

Terkait logistik pemilu yang kurang, kata Idham, pihaknya sudah mengantisipasi untuk distribusinya jika kemudian hari logistik pemilu terlambat datang. “Jadi kita antisipasi TPS yang yang jauh kita kasih lengkap dulu, yang dekat kita tunggu logistik datang, jadi yang dekat dekat kita bisa langsung distribusikan kalau logistik nya terlambat datang,” terangnya.
Namun kata Idham, pihak yakin logistik bisa datang sesuai jadwal, karena menurut informasi akan langsung dikirim mengunakan pesawat Hercules. “Katanya langsung ke Tanggetada nanti, mudah-mudahan sudah ada kabar nanti sore,” terangnya. (mir/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top