BERITA UTAMA

Bawaslu Koltim Apel Siaga Anti Politik Uang

Ketua Bawaslu Koltim Rusniati Rakibe, S.Pd, M.Pd, Bersama Sekda Koltim Ir. Eko Santoso Budiarto Sauala, M.Si, beserta Personil TNI-Polri, Saat Melakukan Pengecekkan Peserta Apel Siaga Patroli Pengawasan Anti Politik Uang Pada Masa Tenang Pemilu 2019, Yang Dilaksanakan di Lapangan Nur Latamoro Rate-Rate, Koltim.

KOLAKAPOS, Tirawuta — Sebanyak 651 anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) se Kolaka Timur (Koltim), menggelar apel siaga patroli pengawasan anti politik uang pada masa tenang, di Lapangan Nur Latamoro Rate-Rate, kecamatan Tirawuta, Minggu (14/4).

Ketua Bawaslu Koltim, Rusniati Rakibe yang memimpin apel tersebut membacakan pidato ketua Bawaslu RI. Ia mengatakan, apel siaga dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Upacara ini, kata dia, dilakukan sebagai gerakan bersama sebelum memulai masa tenang yang dimulai Minggu 14 April 2019. “Apel ini berlansung seluruh Indonesia, ini dilakukan sebagai gerakan bersama karena hari ini merupakan masa tenang,” jelasnya.

Menurut dia, pada masa tenang kerja pengawasan biasanya lebih berat karena potensi banyaknya pelanggaran terjadi pada masa-masa itu. “Berdasarkan pengalaman, kemungkinan pelanggaran itu sering terjadi pada masa masa tenang, pada masa tenang biasanya praktek bagi-bagi uang terjadi,” ucapnya.

Dia berharap, dengan apel siaga ini masyarakat bisa melihat bahwa Bawaslu Koltim telah siap bekerja untuk mengawasi pemilu tahun 2019 ini. “Dengan apel ini Bawaslu mau menunjukan kepada masyarakat bahwa Bawaslu sudah mempersiapkan seluruh personel dari tingkat Kecamatan, desa/kelurahan hingga sampai Kabupaten untuk mengawasi proses pemilu yang berkualitas,” tegasnya.

Untuk diketahui dari jumlah 651 pengawas terbagi dari 36 orang pengawas kecamatan, 133 pengawas kelurahan dan desa, serta 398 pengawas TPS, dan 120 staf sekretariat Panwaslu. (m2/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top