KOLAKA UTARA

Bawaslu Kolut Rutin Patroli Keliling Cegah Kecurangan Pemilu

Apel pasukan patroli pengawasn Pemilu. FOTO: Suleha/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Lasusua — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kolaka Utara menggelar patroli ditiga Daerah Pemilihan (Dapil) yakni di Dapil I dilaksankan di Lasusua, Dapil II dilaksankan di Lapai dan Dapil III dilaksankan di Batu Putih. Patroli keliling digelar untuk mengawasi dan mencegah terjadinya kecurangan pada pemilihan umum 17 April mendatang.
Dalam masa tenang pemilihan umum yakni 14-16 April mendatang seluruh lapisan Bawaslu, mulai dari kabupaten sampai tingkat TPS akan rutin melakukan patroli, namun sebelum patroli digelar Bawaslu Kolaka Utara menggelar apel kesiapan patroli secara serentak di tiga Dapil.
Menurut salah satu Komisioner Bawaslu Kolaka Utara, Sainul Muluk,SS usai menggelar apel patroli di halaman Polsek Lasusua, Minggu (14/4), bahwa apel pasukan dan menggelar patroli sepanjang 10 kilometer di wilayah Kota Lasusua, merupakan kegiatan simbolis namun kegiatan yang sesungguhnya akan dilaksanakan pada malam hari secara rutin.
“Kegiatan yang sesungguhnya itu di malam hari, karena pada siang hari masyarakat sibuk melaksanakan kegiatan masing-masing, politik uang maupun kecurang pemilu itu kerawananya di malam hari,” tuturnya.
Lebih lanjut dia menuturkan, selama masa tenang tidak ada lagi kegiatan kampanye dalam bentuk apapun, sehingga sebagai pengawas Pemilu pihaknya akan menggerakkan seluruh pengawas baik dari kecamatan hingga TPS, untuk bekerja semaksimal mungkin mengawasi pemilu sehingga praktek-praktek kecurang politik tidak mencederai pesta demokrasi.
“Sekarang sudah masuk masa tenang, seluruh calon diminta untuk beristarahat dan banyak bertafakkur, dan usai melaksankan acara simbolis ini kami bersama pihak kepolisian dan PolPP akan membersihkan Alat Peraga Kampanye (APK) para calon, sebelum memasuki masa tenang kami sudah meminta kepada semua calon untuk membersihkan sendiri APK-nya diseluruh kecamatan,” tandasnya. (cr2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top