KOLAKA TIMUR

Dinas Pariwisata Koltim Fokus Benahi Tempat Wisata

KOLAKAPOS, Tirawuta — Sejumlah destinasi wisata Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) mulai fokus di kembangkan, salah satu yang menjadi fokus pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata Koltim saat ini yakni keberadaan Wisata Air Terjun Tetewa, di Kecamatan Uesi dan Puncak Wesalo di kecamatan Lalolae, yang digadang-gadang bakal menjadi miniatur Koltim.
Selain dua destinasi wisata tersebut, rupanya masih ada puluhan spot wisata yang belum dieksplorasi seutuhnya oleh pemerintah daerah Koltim demi nemambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Koltim, Andi Muhtar Syamsuddin menerangkan, dua wisata alam yang menjadi fokus dinas pariwisata saat ini merupakan destinasi andalan daerah saat ini, mengingat peluangnya cukup besar di mayarakat kedepanya, selain dua wisata itu beberapa wisata alam dan wisata religi dan adat juga akan dieksplorasi seutuhnya pemerintah daerah demi menambah PAD kedepan.
Keberadaan sejumlah objek wisata tersebutpun diakui oleh pemerintah daerah Koltim, tapi untuk menjadikanya objek wisata yang mampu menghasilkan PAD Koltim belum bisa dilaksanakan seutuhnya, mengingat saat ini belum adanya regulasi sebagai dasar hukum baik Perbup maupun Perda, untuk memungut retribusi dari pariwisata.
“Ini masih tahap penataan, untuk menarik retribusi itu kan harus ada peraturan bupatinya (Perbup) dan Peraturan Daerahnya (Perda) dulu, Insya Allah tahun ini regulasinya disetujui untuk air terjun Tetewa dan Puncak Wesalo, sehingga 2020 sudah bisa dilaksanakan,” kata Syamsuddin, beberapa hari lalu.
Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Edy Aidyl Majid mengatakan, jika keberadaan sejumlah pariwisata yang ada di Koltim telah dimanfaatkan seluas-luasnya, maka akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di setiap wilayah tempat pariwisata itu berada, misalnya mulai dari ekonomi kreatif, perdagangan, jasa, perhotelan termasuk restoran akan tumbuh di wilayah wisata tersebut.
“Wisata ini peluangnya sangat besar dan salah satu penyumbang devisa terbesar saat ini itukan sektor wisata, maka dari itu pemerintah Koltim juga mengambil peluang tersebut, sebab wisata ini akan menggerakan roda ekonomi yang ada di wilayah tersebut termasuk pembangunan daerah,” terangnya.
Untuk diketahui, Air Terjun Tetewa yang berada di kecamatan Uesi akan menyajikan panorama alam pegunungan asri dan rencananya pengunjung akan ditantang adrenalinya dengan mengarungi arus sungai Tetewa dengan berarung jeram yang rencana awalnya akan dibuka jalur jeram sepanjang 2 kilometer dari 6 kilometer yang direncanakan dinas pariwisata Koltim. (m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top