MUNA

30 Napi Rutan Raha Bersihkan Masjid di Motewe

Napi Rutan Klas IIb Raha saat melakukan bhakti sosial di Masjid desa Motewe kecamatan Lasalepa. FOTO: Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha — Sedikitnya 30 warga binaan atau narapidana (Napi) dan 30 orang petugas rumah tahanan (Rutan) kelas IIb Raha menggelar bhakti sosial, dengan cara membersihkan Masjid di desa Motewe kecamatan Lasalepa, Selasa (16/4) lalu. Pasalnya, bhakti sosial tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke-55 tahun 2019.

Kepala Rutan kelas IIb Raha, LM Masrul mengatakan, 30 orang warga binaan tersebut merupakan Pasukan Merah Putih yang telah dibentuk oleh Rutan. Adapun tujuan dari dibentuknya Pasukan Merah Putih ini adalah sebagai salah satu bentuk implementasi pelaksanaan program pembinaan bagi para napi dengan cara mengintegrasikan kembali para napi ke dalam lingkungan masyarakat.

Bhakti sosial tersebut sebagai wujud nyata keikutsertaan para napi dalam usaha membangun lingkungan sekitar.

“Mereka kita asimilasikan keluar tembok. Seluruh Napi membersihkan Masjid dan mengecat pagar keliling Masjid,” ujarnya pada Kolaka Pos.

Tujuan lain yang diharapkan dari Pasukan Merah Putih tersebut kata LM Masrul adalah, hasil karya para napi saat bhakti sosial dapat bermanfaat bagi masyarakat umum dan sebagai bentuk “permohonan maaf” atas kekhilafan yang mereka lakukan karena telah mencederai masyarakat.

“Yang dilibatkan, mereka yang rata-rata sudah seperdua hukuman yang mereka jalani,” tandasnya. (m1/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top