KONAWE SELATAN

Bupati Konsel Pantau Pelaksanaan UNBK di Palangga dan Tinanggea

Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga, didampingi Kadis PK Saifuddin dan Kabag Humas Muh. Taufik Amin Lar, saat memantau pelaksaan UNBK didua SMP di Konsel. FOTO: Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo — Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, memantau langsung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2019, di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 di Kecamatan Palangga dan SMPN 3 Konsel di Kecamatan Tinanggea, Senin (22/4).

Turut mendampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konsel Saifuddin dan Kepala Bagian (Kabag) Humas Setda Konsel Muh. Taufik Amin. Pada kesempatan tersebut, Surunuddin menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pihak sekolah dan Disdikbud, yang telah menyiapkan sarana dengan baik, sehingga ujian dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Kita bersyukur secara bertahap dibeberapa sekolah, sudah mampu melaksanakan ujian sistem komputer. Dimana, setiap tahun akan terus kita tambah dan dorong penggunaan komputer pada setiap sekolah, dengan terlebih dahulu diberikan pelatihan dan ditingkatkan SDMnya, termasuk menyiapkan ruangan khusus komputer yang lebih memadai dan ber-AC,” jelasnya.
Lanjut Surunuddin, pihaknya masih teringat pada 2016 lalu, dimana hanya SMPN 1 Konsel di Kelurahan Punggaluku, yang menggunakan Komputer.

“Alhamdulillah diperiode saat ini, peningkatan penggunaan komputer disejumlah sekolah cukup signifikan. Ini juga bagian dari program kami, untuk memajukan sistem pendidikan di Konsel dengan meningkatkan sarana dan prasarana penunjang lainnya, sesuai dengan standart pendidikan nasional, yang tidak kalah dengan sistem pembelajaran di sekolah-sekolah yang ada diperkotaan,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, mantan Ketua DPRD Konsel ini juga berpesan kepada para pelajar, agar lebih fokus dan teliti dalam menjawab soal-soal yang ditanyakan, sehingga tingkat kelulusan meningkat sesuai harapan bersama dan demi masa depan pelajar itu sendiri, apalagi mereka merupakan generasi penerus dalam membangun bangsa, negara dan daerah yang lebih baik kedepan.

Sementara itu, Kadisdikbud Konsel Saifuddin menjelaskan bahwa, tahun ini yang melaksanakan UNBK pada tingkat SMP sebanyak 81 Sekolah, terdiri dari 79 Sekolah Negeri dan 2 Swasta, dengan jumlah peserta 1.179 pelajar, yakni 571 pria dan 608 wanita.

“Adapun yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) tingkat SMP dengan mengerjakan pada Lembar Jawaban Komputer (LJK), sebanyak 4.067 siswa dengan rincian, 2.012 laki-laki dan 2.055 perempuan. Sedangkan bagi Tingkat Sekolah Dasar (SD) yang melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), sebanyak 313 SD dengan 6.222 peserta, yakni 3.202 laki-laki dan 3.020 perempuan,” rincinya.

Ditambahkan Saifuddin, ujian dilaksanakan selama 4 hari mulai 22-25 April 2019, dari pantauan langsung di lapangan, tidak ada kendala yang terjadi. Pihaknya berharap seluruh sekolah di Konsel, dapat melaksanakan ujian 100 persen. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top