METRO KOLAKA

Sambut Ramadan, Pondok Tahfidz Khalilul Qur’an Kolaka Utus Santri Jadi Imam Tarawih

Para Utusan Pondok Tahfidz Khalilul Qur’an Kolaka Yang Siap Menjadi Imam Masjid Tarawih

KOLAKAPOS, Kolaka — Menghadapi bulan suci ramadan 1440 Hijriah yang jatuh pada bulan Mei mendatang, Pondok Tahfidz Khalilul Qur’an Kolaka yang didirikan oleh Siti Faridah, mulai menyiapkan para santrinya untuk melaksanakan tugas mulia dibulan yang penuh barokah.  Berdiri sejak 31 Juli 2017 lalu, pondok pesantren ini, telah menampung kurang lebih 85 santri dari berbagai daerah seperti, Wakatobi, Bau-Bau, Buton, Bombana, Konawe, dan lain kabupaten lainnya yang ada Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ketua sekaligus pengasuh pondok Tahfidz Khalilul Qur’an Kolaka ustad Muslim, mengatakan dalam menghadapi bulan Ramadan yang tinggal menghitung hari, pihaknya telah mempersiapkan para santri yang akan diutus untuk menjadi imam dibeberapa masjid yang ada dibeberapa kabupaten yang ada di Sultra dan sebagaian lagi diluar wilayah Sultra yakni di Sulsel.

” Insya Allah dalam bulan suci Ramadan ini kami kembali akan mengutus puluhan santri untuk menjadi imam tarawih. Program ini sudah mejadi agenda tahunan kami sejak tahun lalu, ” ungkapnya saat ditemui media ini, Senin (22/4).

Para santri yang akan diutus menjadi imam kata ustad Muslim merupakan santri pilihan yang telah lolos seleksi. Dan telah mendapatkan bimbingan khusus sehingga pada saat menjalankan tugasnya sebagai imam bisa sesuai seperti apa yang diharapkan.

” Santri yang dikirim menjadi imam, yakni santri yang sudah memiliki minimal 5 juz hafalan.Dan kami mengutus santri menjadi imam tarawih bukan sekadar dengan bermodalkan hafalan semata, tetapi juga dilihat dari beberapa hal. Olehnya itu, terlebih dahulu Ia menggembleng santri dengan kegiatan penataran imam tarawih. Seperti, pembelajaran akhlak, fikhi, doa-doa, dan pengetahuan tentang syarat menjadi imam, ” jelasnya.

Bagi santri yang lolos, lanjut Muslim pihaknya akan disebar diseluruh wilayah Sultra dan Sulsel.

“Santri akan dikirim ke Kolaka Timur, Kolaka Utara, Konawe. Ada juga permintaan mengutus imam di Sulawesi Selatan, seperti Bulukumba dan Bantaeng, ” tutupnya.

Untuk diketahui, meski Pondok Tahfidz Khalilul Qur’an Kolaka yang masih tergolong baru ini, namun telah banyak melahirkan santri yang berprestasi di bidang hafalan. Seperti prestasi yang baru-baru ini diraih pada STQH tingkat provinsi di kota Kendari. Pada cabang Qariah tingkat anak-anak dan cabang Hifdzil Quran 10 juz putra, meraih juara pertama. Cabang Hifdzil Qur’an 10 juz putri, 5 juz putri dan cabang Tafsir Bahasa Arab putri, meraih juara 2. Dan cabang lomba Hifdzil 1 juz putra meraih juara 3. (K9/c/hen).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top