METRO KOLAKA

Komputer Kurang, 60 Siswa SMPN 1 Wundulako Terpaksa Ujian di Luar

Heryanto, S.Pd, M.Pd

KOLAKAPOS, Kolaka — Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat sekolah menengah pertama (SMP) telah dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia mulai 22 sampai 25 April. Namun dalam pelaksanaannya tidak semua sekolah mampu melaksanakan UNBK. Sebab salah satu syarat utama dalam melaksanakan UNBK pihak sekolah harus menyiapkan fasilitas komputer. Seperti yang dilakukan salah satu sekolah yang ada di kabupaten Kolaka, SMPN 1 Wundulako. Meski fasilitas komputer masih terbatas, namun mampu melaksanakan UNBK dengan sukses.

Kepala SMNP 1 Wundulako, Heryanto S.Pd, M.Pd mengungkapkan, dalam pelaksanaan UNBK di sekolah yang dipimpinnya itu sebanyak 60 siswanya terpaksa harus melaksanakan ujian sekolah lain. Hal ini dikarenakan minimnya fasilitas komputer yang dimiliki SMPN 1 Wundulako.

“Allhamdulilah di hari terakhir pelaksanaan UNBK hari ini (kemarin, red) semuanya berjalan aman, lancar, dan terkendali. Tanpa ada kendala apapun baik dari jarinagn, maupun lampu yang tidak pernah padam saat ujian berlangsung hal ini dikarenakan PLN merespon baik kegiatan UNBK ini. Juga siswa kami tidak ada yang sakit, “Heryanto saat ditemui Kamis, (25/4).

Namun kata, Heryanto pihaknya terpaksa meminjam komputer dari sekolah lain, agar siswa bisa mengikuti UNBK tahun ini. Hal ini dilakukan dikarenakan masih minimnya fasilitas komputer disekolahnya. “Karena fasilitas komputer kami masih kurang, terpaksa 60 siswa kami harus melaksanakan UNBK disekolah lain yakni diSMK 1 Wundulako,” akuhnya.

Dalam pelaksanaan UNBK tahun ini, lanjut dia, di bagi tiga shift per hari. Di mana setiap shift diisi 20 peserta.
“Jadi ada tiga shift. Shift pertama dimulai dari jam 8 pagi sampai jam 10 Wita, kemudian dilanjutkan jam 10 sampai jam 12 Wita. Kemudian lanjut lagi jam 2 sampai jam 4 sore. Dan total siswa kami yang mengikuti UNBK tahun sebanyak 215 siswa reguler dan 45 SMP Terbuka yang ikut paket B, namun bagi siswa SMP Terbuka ujiannya masih manual atau masih menggunakan kertas,” jelasnya. Heryanto berharap pelaksanaan UNBK tahun ini, hasil nilai yang diperoleh dari siswa bisa memuaskan. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top