BERITA UTAMA

Logistik PSU 6 TPS di Kolaka Sudah Rampung

Logistik PSU tiba di Kolaka

KOLAKAPOS, Kolaka — Logistik Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 6 TPS di Kabupaten Kolaka sudah rampung. Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris KPU Kolka, Idham Hindardi (25/4).
“Sudah lengkap semua, tadi sudah kita rampungkan baik itu pelipatan maupun penyortiran nya,” ungkapnya.
Rencananya logistik tersebut akan di distribusikan pada 26/4 dan dikawal langsung oleh pihak keamanan. “Tinggal distribusi nya saja besok ke TPS masing masing, nanti ada pengawalan,” ujarnya.
Dia juga mengatakan bahwa logistik tersebut telah tiba sehari sebelumnya yang dibawa langsung oleh Ketua KPU Kolaka dari percetakan. “Ketua sendiri yang jemput dan bawa dari Surabaya,” terangnya.
Idham berharap pelaksanaan PSU dapat berjalan lancar dan pihaknya juga sudah menyampaikan kepada KPPS untuk mengikuti panduan pemungutan suara ulang. “Kita juga turun langsung awasi, agar tidak lagi terjadi kesalahan,” ujarnya.
Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka memutuskan melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 6 TPS dari 5 Kecamatan di Kabupaten Kolaka. Lanjutnya Pelaksanaan PSU akan di gelar 27 April pekan ini.
Adapun penyebab dilakukan pemungutan suara ulang yaitu adanya rekomendasi Bawaslu, dan juga memang setelah ditelusuri memenuhi unsur untuk dilakukan PSU.
Unsur yang dimaksud diantaranya yaitu di TPS 1 di Kelurahan Watuliandu Kecamatan Kolaka KPPS memasukan pemilih dari luar Kolaka yang menggunakan KTP luar Kolaka tanpa memiliki form A5 atau pindah memilih dan melakukan pencoblosan. Sementara di TPS 14 Kelurahan Laloeha ada pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT melakukan pencoblosan.
Selain itu di TPS 5 Kelurahan Sakuli Kecamatan Latambaga juga terjadi kesalahan yang sama yaitu memasukan pemilih kita kabupaten Kolaka tanpa Form A5 sehingga harus dilakukan PSU. Lalu di TPS 4 Desa Sabiano Kecamatan Wundulako ada kesalahan pemberian surat suara oleh KPPS yaitu ada pemilih dari DPTB Kabupaten lain diberikan 5 jenis surat suara yang seharusnya hanya 3 jenis, sehingga direkomendasikan dilakukan PSU. Sementara di TPS 6 Desa Pesouha Kecamatan Pomalaa dan TPS 1 desa Ranomentaa Kecamatan Toari juga direkomendasikan dilakukan pemungutan suara ulang karena kesalahan yang sama yaitu memasukan pemilih dari luar Kolaka tanpa memiliki form A5.
Adapun ke 6 TPS tersebut antara lain TPS 1 Kelurahan Watuliandu Kecamatan Kolaka , TPS 14 Kelurahan Laloeha Kecamatan Kolaka , TPS 5 Kelurahan Sakuli Kecamatan Latambaga, TPS 4 desa Sabiano Kecamatan Wundulako, TPS 6 desa Pesouha Kecamatan Pomalaa, TPS 1 desa Ranomentaa Kecamatan Toari. (Mir/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top