METRO KOLAKA

Peserta UTBK di USN Dihimbau Lengkapi Syarat Tes

Ketua panitia UTBK USN Kolaka, Prof Dr Ruslin Hadanu M.Si (kiri) memantau peserta tes saat memasuki ruangan ujian. FOTO: Dok Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019, di Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka dihimbau membawa persyaratan lengkap saat mengikuti tes UTBK.

Ketua panitia UTBK USN Kolaka, Prof Dr Ruslin Hadanu M.Si menyebut, saat hendak mengikuti tes peserta wajib membawa kartu pendaftaran UTBK, fotokopi ijazah yang dilegalisir bagi lulusan 2017 dan 2018, dan surat keterangan sementara kelas XII yang asli bagi angkatan 2019, serta pas foto terbaru.

Namun demikian, kata Wakil Rektor Bidang Akademik USN Kolaka itu, panitia tetap memperbolehkan peserta mengikuti tes terlebih dahulu. Barulah setelah selesai mengikuti ujian, peserta diminta untuk melengkapi syarat yang dimaksud. Nah apabila ditemukan tidak sesuai antara peserta tes dengan datanya, maka hasil tes dibatalkan.

“Kita masih soft, tidak terlalu ketat. Tapi kita tetap minta untuk dilengkapi, dan semua memenuhi syarat. Kita biarkan dulu masuk ujian, biar tidak menggangu konsentrasi peserta,” kata Prof Ruslin, Kamis (25/4).

Selain memeriksa kelengkapan syarat, panitia juga mencocokan foto peserta di datanya dengan wajah aslinya. Apabila misalkan peserta bercadar, maka akan tetap diperiksa oleh panitia perempuan.

“Ini hanya untuk mencocokkan apakah peserta yang mengikuti ujian dengan foto yang ia sertakan memiliki kecocokan,” terangnya.

Imbauan ketua panitia UTBK di atas dimaksudkan agar tidak adalagi peserta yang lupa membawa syarat-syarat tes UTBK. Sebab waktu pelaksanaan tes UTBK hari pertama dan kedua lalu, masih ditemukan peserta yang tidak membawa berkas syarat.

“Agar peserta UTBK SBMPTN 2019, pada jadwal berikutnya agar tidak lupa membawa persyaratan yang sudah ditentukan. Adapun jadwal tes UTBK SBMPTN 2019 di USN Kolaka pada 27 April, 28 April, 4 Mei, 11 Mei, 12 Mei, 18 Mei, 25 Mei, dan 26 Mei 2019.

Sementara itu, pengumuman hasil tes UTBK SBMPTN 2019 paling lambat disampaikan 10 hari setelah dilaksanakan tes. Jadwal pengumuman tes pada 7 Mei, 8 Mei, 14 Mei, 21 Mei, 22 Mei, dan 28 Mei, kemudian 1 dan 2 Juni 2019. Peserta bisa melihat pengumuman dengan mengakses laman lembaga tes masuk perguruan tinggi (https://www.ltmpt.ac.id),” jelasnya. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top