MUNA

Ajaib, Daun Kelor di Muna Berwarna Putih

KOLAKAPOS, Raha — Pada umumnya daun kelor berwarna hijau. Tanaman bernama latin Moringa Oleifera ini telah dinobatkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai “pohon ajaib” karena selain sebagai  makanan bergizi superfood, daun kelor juga dapat menjadi obat-obatan. Tetapi tahukah anda, di Kabupaten Muna, tepatnya dirumah Wambira Warga desa Liangkubori kecamatan Lohia, tanaman kelor miliknya  daunnya berwarna putih.

Pada Kolaka Pos, Wambira mengatakan.  Pohon kelor yang ia tanam di pekarangan rumahnya tersebut sudah berusia lebih dari 10 tahun dengan daun  subur berwarna hijau. Setiap hari, daun kelor itu dipetiknya untuk  dimasak sebagai campuran sayur. Namun, sejak tiga bulan terakhir tepatnya Januari 2019, kelor tersebut tidak lagi ia konsumsi lantaran tunas kelornya berubah warna menjadi warna pink dan daunnya berwarna putih.  “Sudah sekitar tiga bulan yang lalu. Pertama tumbuh kelornya dia hijau dulu, setelah itu dia berubahmi jadi putih. Saya rasa ragu mi untuk makan. Saya pernah potong, harapannya daunya akan tumbuh hijau. Tapi tetap dia tumbuh warna putih,” ucapnya, Minggu (28/4)

Wambira mengakui akan  merawat pohon kelornya itu. Ia pun mempersilahkan kepada ilmuan yang ingin meneliti kelor berdaun putih yang tumbuh dipekarangan rumahnya tersebut. “Sapatau nanti ada yang mau teliti, ya silahkan,” tandasnya. (m1/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!