BERITA UTAMA

Lancar,  PSU di 6 TPS di Kolaka

PSU  di TPS 6 desa Pesouha Kecamatan Pomala Kab. Kolaka

Satu Pemilih Sempat Diprotes Warga

 

KOLAKAPOS, Kolaka — Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang di 6 TPS di Kabupaten Kolaka secara umum berjalan lancar. Pantauan dilapangan sejak pagi hingga batas waktu pencoblosan warga antusias melaksanakan hak pilihnya.

Dalam Pelaksanaan PSU itu 3 TPS yang paling menjadi perhatian warga pasalnya terdapat pilcaleg untuk DPRD Kolaka. Bahkan sempat terjadi protes di TPS 14 Kelurahan Laloeha Kecamatan Kolaka oleh salah satu saksi partai karena menemukan satu nama yang menggunakan hak pilihnya namun diduga terdaftar di TPS lain.

” Awalnya saya mau sinkronkan daftar DPK dengan surat yang di keluarkan panwas dan KPU terkait nama yang ada di TPS 13, pas saya lihat ternyata nama tersebut ada di TPS 13 tapi dia sudah mencoblos di TPS 14” ungkap Saksi Salah Satu Partai di lokasi TPS 14.

Terkait Hal itu Ketua KPU kabupaten Kolaka, Kamal Baddu yang dikonfirmasi menyatakan berdasarkan hasil penelusuran nya warga yang dimaksud ternyata belum pernah mencoblos di TPS lain. “Terkait temuan itu yang bersangkutan belum pernah mencoblos di TPS lain,” paparnya.

Sehingga kata Kamal untuk PSU kali ini tidak ada lagi PSU kedua kalinya apalagi dalam aturnay pelaksanaan PSU hanya sekali.”Menurut saya tidak ada PSU 2(dua) kali karena sesuai per KPU nomor 3 sebagaimana telah diubah dengan per KPU nomor 9 tentang Pemungutan Suara khususnya pasal 66 ayat (4) menyatakan bahwa pemungutan suara ulang hanya dilakukan untuk 1(satu) kali pemungutan suara ulang, nah ini beda kalau perintah pasca putusan MK itu bisa lebih dari 2(dua) kali seperti yg terjadi di kab Muna pada pilkada 2015,” jelasnya.

Lanjutnya dalam aturan itu pelaksanaan PSU juga dinyatakan  hanya satu kali . “Dalam ayat(3) menyatakan bahwa PSU di TPS dilaksanakan paling lama 10(sepuluh) hari setelah hari pemungutan suara berdasarkan keputusan KPU kab/kota,” terangnya.

Selain dari temuan itu lanjut Kamal, di TPS lainnya berjalan lancar hingga perhitungan suara selesai.

Adapun ke 6 TPS tersebut antara lain TPS 1 Kelurahan Watuliandu Kecamatan Kolaka , TPS 14 Kelurahan Laloeha Kecamatan Kolaka ,  TPS 5 Kelurahan Sakuli Kecamatan Latambaga, TPS 4 desa Sabiano Kecamatan Wundulako,  TPS 6 desa Pesouha Kecamatan Pomalaa, TPS 1 desa Ranomentaa Kecamatan Toari. (Mir/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top