METRO KOLAKA

PAN dan Golkar Unggul di PSU Desa Sabiano 

Suasana Perhitungan Suara PSU di TPS Empat Yang Digelar di Gedung Pertemuan Kantor Desa Sabiano, Kecamatan Wundulako 

KOLAKAPOS, Kolaka — Proses pemilihan suara ulang (PSU) dibeberapa titik diwilayah kabupaten Kolaka sukses dilaksanakan pada Sabtu (27/4) kemarin. Khusus untuk PSU di tempat pemungutan suara (TPS) IV desa Sabiano, kecamatan Wundulako hanya dua surat suara yang diulang yakni surat suara pemilihan calon legislatif tingkat kabupaten dan tingkat provinsi. Dari hasil PSU ditingkat provinsi H Parmin Dasir dari Partai Amanat Nasional (PAN) berada diposisi teratas dengan memperoleh 46 suara, disusul Siti Nurhayati dari Partai NasDem memperoleh 31 suara. Sementara untuk tingkat kabupaten H Umar Tebu dari Partai Golkar meraup suara terbanyak dengan memperoleh 70 suara, disusul rekan satu partainya Kamaludin dengan memperoleh 64 suara.

Ketua KPPS desa Sabiano Rasido mengatakan, proses PSU di desa Sabiano berjalan dengan lancar tanpa ada masalah, sehingga pihaknya memastikan tidak akan lagi PSU susulan.

” Allhamdulilah semua berjalan dengan lancar tanpa ada kendala atau masalah dilapangan, ” ungkapnya saat ditemui media ini usai menggelar PSU.

Untuk PSU di TPS IV kata Rasido jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang terdaftar sebanya 188 orang sedangkan yang hadir mencoblos  sebanyak 178 orang.

” Jadi untuk PSU ditingkat kabupaten dimenangkan oleh bapak H Umar Tebu dari partai Golkar dengan memperoleh 70 suara, kemudian urutan kedua bapak Kamaludin dari partai Golkar juga dengan total suara 64. Sedangkan untuk tingkat provinsi bapak H Parmin Dasir dari PAN yang unggul dengan memperoleh 46 suara disusul ibu Siti Nurhayati dari partai Nasdem dengan memperoleh 31 suara, ” tutupnya.

Sementara itu, Kepala desa Sabiano Syahrul mengatakan, sebelum dan sesudah pelaksanaan PSU berlangsung diwilayahnya semua berjalan lancar dan kondusif tanpa adanya gesekan dari masyarakat. Dan masyarakat Sabiano telah melaksanakan aktivitasnya seperti biasanya.

” Saya pastikan sumanya berjalan lancar, aman, dan terkendali semua ini tak lepas dari semua pihak baik dari aparat TNI-Polri, penyelenggara, Panwas, dan semua masyarakat Sabiano yang selalu mendukung pesta demokrasi ini, ” singkatnya.

Untuk diketahui, pantauan media ini saat proses perhitungan suara berlangsung nampak animo masyarakat dari bebagai desa dan lurah yang ada dikecamatan Wundulako, Buala, dan Pomalaa nampak memadati proses perhitungan tersebut. Bahkan bupati Kolaka H Ahmad Safei, bersama Kapolres Kolaka AKBP Bambang Satriawan dan Dandim 1412 Kolaka Letkol Kav Amran Wahid turun langsung membantu proses PSU di desa Sabiano. (K9/c/hen).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top