METRO KOLAKA

Jelang Ramadhan, Harga Bumbu Dapur di PRM Mulai Naik

ilustrasi/net

KOLAKAPOS, Kolaka — Menjelang bulan Ramadhan, sejumlah komoditas bahan pangan di Kabupaten Kolaka, Sultra mulai merangkak naik. Kenaikan harga paling dominan terjadi pada bahan pokok bumbu dapur. Harga bawang merah, bawang putih, dan cabai merah melonjak tinggi.

Pantauan di Pasar Raya Mekongga (PRM) Kolaka, Senin (29/4), bawang merah kini dibanderol Rp50 ribu per kilogram, padahal harga sebelumnya hanya Rp25 ribu. Sementara untuk harga bawang putih naik dari Rp40 ribu menjadi Rp60 ribu per kilogram. Sementara untuk cabai rawit yang sebelumnya hanya Rp30 ribu perkilo, kini dihargai Rp40 ribu. Kenaikan yang sama juga terjadi pada cabai besar.

Menurut penuturan salah seorang pedagang bumbu dapur di PRM Kolaka, Dhia, kenaikan harga terjadi sejak dua pekan terakhir ini. Dhia mengatakan, kenaikan harga komoditas tersebut dipengaruhi karena pasokan yang kurang,
sementara permintaan pasar tinggi.

Sebagaimana diketahui, sebagian besar komoditas bahan pokok di Kolaka didatangkan dari luar daerah, utamanya dari Kota Makassar, Sulsel. Nah, menurut Dhia saat ini pasokan kebutuhan bumbu dapur dari daerah tersebut lagi kosong. “Stok lagi kurang. Apalagi kalau bawang putih, stoknya lagi kosong di Makassar,” ungkap Dhia, kemarin (29/4).

Sementara itu, untuk harga bahan pokok seperti beras, telur, daging sapi, dan ayam harganya masih terpantau normal. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top