BERITA UTAMA

Usung Tema From KKS We Show The World, Dubes RI di Kairo Ucapkan Ini

Penggawa KKS Mesir Bersama Kru Wawasan Pemenang Nominasi Badan Otonom Terbaik

KOLAKAPOS, Kolaka — Kerukunan Keluarga Sulawesi (KKS) yang sedang menetap dan menaungi masyarakat Sulawesi di Mesir, baik mahasiswa maupun Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berasal dari Sulawesi maupun Maluku. Walau memiliki komposisi anggota yang mayoritas berasal dari Sulawesi Selatan, berbeda dengan Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS), KKS tidak hanya menaungi satu provinsi saja. Namun, tercatat ada 7 provinsi yang dinaungi oleh KKS. Yaitu, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Irian.

Dihari jadi KKS yang ke-42 tahun ini, KKS menggelar berbagai macam kegiatan dan lomba, dimana pada puncak perayaannya pada Sabtu malam kemarin (27/4) dihadiri ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Mesir, Helmy Fauzi, Atase Pendidikan KBRI Usman Syihab dan beberapa petinggi KBRI lainnya. Turut hadir pula, Presiden PPMI Mesir, Saiful Jihad beserta jajarannya.

Amin Samad, Lc. selaku penasehat KKS mengtakan, KKS sendiri berdiri pada tanggal 7 Juli 1977, setelah sebelumnya bernama IKABIM (Ikatan Keluarga Bugis Indonesia-Malaysia) yang secara resmi dibentuk pada tanggal 17 April 1977 oleh tokoh-tokoh Sulawesi hari ini, di antaranya, Pimpinan PP. DDI Mangkoso, AGH. Prof. Dr. Wajedy, AGH. Prof. Dr. Najmuddin H.S., dan HM. Yusuf Samad yang juga kakak dari Amin Samad, Lc.

” KKS yang kini telah berusia 42 tahun dinahkodai oleh Surya Munir. Pemuda asal Makassar inilah penggagas awal diadakannya perayaan HUT KKS ke-42 dengan skala Masisir (Masyarakat Indonesia di Mesir). Setelah sebelumnya senantiasa diadakan di Baruga KKS secara internal. Dan pada tanggal 27 April 2019, merupakan malam puncak HUT KKS ke-42 diadakan di Balai Amerincan Future School, Kota Nasr, Provinsi Kairo, Mesir. Masisir yang hadir memadati balai yang berkapasitas 500 kursi tersebut, ” ungkapnya.

Dalam sambutannya Dubes KBRI untuk Mesir Helmy Fauzi mengungkapkan bahwa Anak Timur adalah orang-orang yang memiliki potensi untuk berperan besar dalam mengharumkan agama dan bangsa. Sesuai dengan tema acara ‘From KKS We Show The World’ yang menunjukkan bahwa anggota KKS memiliki potensi untuk memberi pengaruh kepada negara bahkan dunia. Helmy lantas menyebutkan tokoh-tokoh Indonesia Timur yang memiliki pengaruh besar di tanah air maupun kancah Internasional.

” Dari Sulawesi Selatan ada Quraish Shihab yang dikenal dengan ahli tafsir. Kemudian kakak beliau, Alwi Shihab yang pernah menjadi menteri Luar Negeri di era Presiden Abdurrahman Wahid. Kemudian di kancah dunia, kita mengenal Syekh Yusuf yang berdakwah hingga ke Afrika Selatan. Seluruhnya adalah putra-putra terbaik dari Indonesia Timur, ” pujinya.

Sementara itu, Penggawa KKS, Surya Munir mengungkapkan, harapannya terkait perhelatan malam puncak tersebut. Ia mengatakan bahwa, acara yang diberi nama Pentas Anak Timur ini bertujuan untuk menunjukkan eksistensi Anak Timur di ranah Masisir. Sebab acara ini terakhir kali diadakan pada tahun 2004.

” Ada yang menarik dari acara kali ini, berbeda dengan perhelatan kekeluargaan lain, KKS membuat program Google Polling untuk nominasi-nominasi pengurus terbaik. Hal ini merupakan bentuk apresiasi Penggawa KKS kepada para pengurus. Ada tiga kategori nominasi yang dibagikan untuk pengurus. Pertama, nominasi departemen terbaik, diraih oleh Departemen Pendidikan. Disusul nominasi Badan Otonom terbaik diraih oleh Wawasan (media KKS- pen) dan terakhir nominasi program kerja terbaik, kurikulum sederhana, ” akuhnya.

Untuk diketahui, dalam acara tersebut panitia mengumumkan juara lomba-lomba yang diadakan oleh KKS untuk Masisir. Di antaranya, MHQ, MTQ, Kaligrafi serta Voli Putra dan Putri. (K9/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top