12 Pendaki Gunung Mekongga Akhirnya Ditemukan Selamat

  • Bagikan
Proses evakuasi terhadap salah satu korban. FOTO: Ist/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka -- Setelah dilakukan pencarian selama tiga hari, 12 pendaki gunung yang sebelumnya dikabarkan tersesat di Gunung Mekongga, Desa Tinukari, Kecamatan Wawo, Kolaka Utara, akhirnya ditemukan pada Rabu (1/5). Para pendaki ditemukan dalam keadaan selamat oleh tim SAR gabungan.

Kepala Basarnas Kendari, Djunaidi mengatakan, para pendaki dilaporkan hilang pada Senin (29/4), sekira pukul 08.45 Wita. Mereka dikabarkan hilang setelah melakukan expedisi hutan Gunung Mekongga sejak 23 April 2019 lalu.

[caption id="attachment_80647" align="alignnone" width="1040"] Kepala Basarnas Kendari Djunaidi dan Dandim 1412 Kolaka, Letkol Kav Amran Wahid, turut terlibat dalam proses evakuasi. FOTO: Istimewa/ Kolaka Pos[/caption]

Nah, setelah menerima informasi tersebut, Tim SAR gabungan kemudian mulai bergerak untuk melakukan pencarian. Selama tiga hari dilakukan pencarian, akhirnya para pendaki ditemukan pada Rabu (1/5) siang. "12 pendaki yang dicari telah ditemukan dalam keadaanya selamat sekitar pukul 12.00 Wita, dan sekarang mereka dalam perjalanan dari pos 7 menuju pos 6," ungkap Junaidi, Rabu (1/5).

Djunaidi menjelaskan, pasca ditemukan dalam keadaan selamat, tim kemudian melakukan evakuasi para korban ke posko evakuasi.

“Dua orang dari 12 orang pendaki berjenis kelamin perempuan lebih dulu dievakuasi turun ke bawah. Sementara 10 pendaki lainnya juga sudah dalam perjalanan menuju pos," terangnya.

Sekedar informasi, selain tim Basarnas Kendari sejumlah unsur lain yang terlibat dalam di lapangan yakni pihak Kodim 1412 Kolaka, Polres Kolaka Utara, KPA Palem, SAR USN Kolaka, dan organisasi pencinta alam serta kelompok masyarakat setempat. Kepala Basarnas Kendari Djunaidi dan Dandim 1412 Kolaka, Letkol Kav. Amran Wahid, juga turut terlibat langsung dalam proses evakuasi. (kal)

Berikut identitas para pendaki yang ditemukan:

  1. Sarifa, perempuan (18 tahun)
  2. Ahmad Mambulo, laki-laki (23 tahun)
  3. Asep Sunardi, laki-laki (23 tahun)
  4. Irfan, laki-laki (24 tahun)
  5. Cindy, perempuan (18 tahun)
  6. Samsul, laki-laki (22 tahun)
  7. Gunawan, laki-laki (23 tahun)
  8. David, laki-laki (27 tahun)
  9. Arul, laki-laki (19 tahun)
  10. Kharisma, laki-laki (23 tahun)
  11. Riska, perempuan (19 tahun)
  12. Mahmudin, laki-laki (19 tahun)
  • Bagikan