METRO KOLAKA

Optimalkan Pelayanan, Dinas Nakertrans Kolaka Kerahkan Puluhan Petugas

Suasana Pengurusan Kartu Tanda Pencari Kerja Di Kantor Nakertrans Kolaka Yang Dipadati Masyarakat

KOLAKAPOS, Kolaka — Sejak dikabarkan akan adanya penerimaan tenaga kerja di PT Antam Tbk UBPN Sultra, animo masyarakat Kolaka yang ingin mencoba keberuntungan menjadi karyawan perusahaan plat merah tersebut terus bertambah setiap harinya. Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang melakukan pengurusan kartu pencari kerja dikantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kolaka, dimana kartu tersebut merupakan salah satu syarat untuk menjadi calon karyawan PT Antam Tbk.

Kepala bidang (Kabid) Pembinaan, Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Dinas Nakertrans Kolaka Hartono mengaku, sejak adanya kabar terkait pendaftaran di PT Antam, ratusan masyarakat dari bebagai daerah yang ada diwilayah Kolaka setiap harinya terus memadati kantor Dinas Nakertrans untuk melakukan pengurusan kartu pencari kerja atau yang biasa disebut kartu kuning.

” Sejak ada kabar Antam buka lowongan setiap hari sekitar 200san orang calon pendaftar datang kesini untuk mengurus kartu pencari kerja. Jika dihari bisa itu hanya puluhan orang saja setiap hari yang sering datang mengurus kesini, ” ungkapnya saat ditemui media ini Selasa (30/4).

Dengan banyaknya yang melakukan pengurusan kata Hartono, pihaknya terpaksa menerapkan Sif dan membagi nomor antrian agar tidak ada yang berdesakan pada saat pengurusan berlangsung.

” Demi kelancaran pengurusan kami terpaksa melakukan pembagian sif dan nomor antrian, dimana sif pertama kita mulai sejak pukul 8 pagi dan sif kedua pada jam kedua atau sekitar jam dua. Dimana setiap sif kami bagikan seratus nomor antrian. Namun kita liat kondisinya kalau banyak antrian kita kasi nomor antri tapi kalau sedikit kita tidak beri nomor antrian sebelum kita bagi nomor kita liat dulu yang sudah datang kalau belum terlalu banyak kita langsung layani jadi semuanya bisa berjalan lancar, aman, dan terkendali,” akuhnya.

Selain itu, lanjut Hartono pihaknya juga menambah personil dalam memberikan pelayanan.

” Allhamdulilah tidak ada kendala semuanya berjalan lancar karena kami turunkan semua personil untuk memaksimalkan pelayanan, bahkan ada tambahan anggota untuk membantu. Jadi ada sekitar puluhan petugas yang kita turunkan. Bahkan stok kartu kita sudah siapkan sebanyak mungkin, ” ucapnya.

Dalam pengurusan kartu pencari kerja semuanya tanpa dipungut biaya alias gartis. Jadi peserta hanya menyiapkan berkas yang telah ditentukan seperti KTP, Ijazah pertama dan terakhir, serta foto. (K9/c/hen).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top