BERITA UTAMA

Selama Ramadhan, Bulog Jamin Stok Beras di Kolaka Aman

Deni Narde

KOLAKAPOS, Kolaka — Masyarakat Sulawesi Tenggara, khususnya di daerah Kolaka raya yaitu Kolaka, Kolaka Utara, dan Kolaka Timur tidak perlu khawatir akan ketersediaan beras selama bulan Ramadhan nanti. Pasalnya Badan Urusan Logistik (Bulog) saat ini memiliki stok yang cukup di gudang. Bahkan Bulog menjamin stok yang tersedia saat ini bisa bertahan hingga beberapa bulan ke depan.

Kepala Perum Bulog Kolaka, Deni Narde menyatakan bahwa saat ini stok beras di gudang Bulog berjumlah 1.560 ton. Stok tersebut belum termasuk tambahan dari para petani lokal yang mulai menyuplai hingga 30 ton setiap hari. “Ya, saat ini petani lokal kita sudah memasuki musim panen. Jadi otomatis para petani yang menjadi mitra kita akan memasukan berasnya ke Bulog. Bahkan saat ini saat ini beras masuk di gudang itu bisa mencapai 15 sampai 30 ton per harinya,” ungkap Deni Narde, Selasa (29/4).

Dengan jumlah stok tersebut, kata dia, Bulog bisa memastikan kebutuhan beras untuk masyarakat Kolaka raya akan aman hingga lima bulan ke depan. “Kalau sekarang untuk posisi Rastra di kabupaten Kolaka, Kolaka Utara dan Kolaka Timur jumlahnya 352 ton per bulan sementara stok yang dimiliki Bulog 1.560 ton, itu bisa tahan empat sampai lima ke depan,” jelasnya.

Lebih jauh Deni menjelaskan, saat ini beberapa wilayah penghasil beras di Kolaka raya yang sudah mulai panen yaitu dari kecamatan Mowewe dan Tinondo (Koltim). Kemudian di kabupaten Kolaka, petani dari kecamatan Baula juga sudah mulai menyuplai beras ke Bulog. “Kemarin itu kita kunjungan di beberapa kecamatan yang ada mitra kita di sana, memang saat ini mereka sementara panen. Jadi memang mulai bulan April ini mereka sudah mulai panen, dan biasanya kalau berdasarkan data tahun kemarin bulan April sampai Desember itu selalu ada beras masuk dari para petani kita,” tandasnya. (kal/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top