JAZIRAH SULTRA

Peringati Hardiknas, Pemkab Butur Gelar Upacara Bendera

Pembacaan teks Pancasila Bupati Butur, Abu Hasan

KOLAKAPOS, Buranga —Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Pemkab Butur) menggelar upacara bendera memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di halaman Islamic Center Mina-minanga Kulisusu, Kamis, 2 Mei 2019.

Upacara dimulai sekitar pukul 08.00 Wita itu, di ikuti baris perwakilan OPD lingkup Pemda Butur, Korpri, pelajar, paduan suara dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, tampil
sebagai inspektur upacara Bupati Butur, Abu Hasan dan turut hadir waki Bupati Ramadio, Sekda Butur, Muh Yasin, sejumlah kepala OPD Lingkup Pemda.

Bupati Buton Utara, Abu Hasan dalam sambutanya mengungkapkan bahwa, terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional. Dalam momentum seperti ini tanggung jawab nasional diperuntukkan, tanggung jawab untuk selalu menjaga aset vital bangsa yang tidak ternilai harganya yaitu semangat kerukunan, persaudaraan, dan persatuan.

Sebagai mana telah disiapkan oleh Presiden dalam banyak kesempatan, perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia. Kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya. Terkait denagan itulah tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 adalah “Mengguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Ia menjelaskan, tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumber daya manusia yang berkualitas demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

“Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, keterampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif, “tandasnya. (k10/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top