METRO KOLAKA

Rektor USN: Pendidik Harus Berkarakter, Intelektual, dan Religus

Rektor USN Kolaka, Dr Azhari, S.STP, M.Si. FOTO: Kaulia Ode/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka Azhari menekankan kepada para tenaga pendidik di lingkup kampus yang dipimpinnya untuk menjadikan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sebagai momentum menumbuhkan karakter diri.

Azhari mengatakan, tenaga pendidik harus kembali menumbuhkan dan menekankan karakter untuk berbuat jujur dan adil. Sebab, jika karakter tersebut hilang, maka menjadi susah. “Semua orang yang bergelut di bidang pendidikan harus mempunyai dan mempertahankan karakter tersebut.

Jujur terhadap pekerjaan dan kemampuan kita, itu yang harus kita tekankan terus-menerus,” ujar Azhari saat ditemui wartawan koran ini, usai pelaksanaan upacara peringatan Hardiknas di Kampus USN Kolaka, Kamis (2/5).

Seperti halnya USN Kolaka mencoba menumbuhkan karakter pendidik intelektual yang religius, berdasarkan keyakinanan masing-masing. “Makanya kami mengupayakan setiap waktu shalat, semua diarahkan untuk shalat di musala secara berjamaah. Kita ada program ODOJ atau one day one juz untuk karyawan, staf, dan dosen. Ini sudah mau tahun ke dua, dan Alhamdulillah masih berjalan bagus dan rutin,” paparnya.

“Bila seorang pendidik sudah memiliki karakter yang religius, maka dia akan takut dan menyadari bahwa ada kekuatan besar yang selalu mengawasi.

Paling tidak ada rem jika ada pancingan atau peluang untuk berbuat curang. Itu yang coba kita jalankan,” tandasnya. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top