METRO KOLAKA

Sambut Ramadhan, Ribuan Masyarakat Wundulako Gelar Pawai Obor

Ribuan masyarakat Wundulako saat menggelar Pawai Obor, Sabtu (4/5) malam. FOTO: Neno/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Ribuan masyarakat Wundulako dan sekitarnya menggelar pawai obor dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1440 hijriah, Sabtu (4/5) malam. Kegiatan pawai obor yang diselenggarakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) bersama pemerintah kecamatan Wundulako dan Badan Kontak Pemuda Remaja Mesjid (BKPRM) Wundulako, mengambil start di kantor camat Wundulako. Pawai diikuti dari bebagai kalangan, mulai dari anak-anak, hingga orang dewasa. Mereka tampak bersemangat berjalan kaki sepanjang sekitar empat kilometer dari lokasi start.

Ketua panitia, Firlan Muharram Alimsyah mengatakan, pawai obor merupakan salah satu kegiatan syiar Islam dalam menyambut bulan suci Ramadhan tahun ini. Pawai tersebut untuk menghidupkan suasana dalam menyambut Ramadhan, agar umat muslim terus bersemangat dan bergembira dalam menjalankan kewajiban berpuasa dan beramal baik. “Kegiatan pawai obor ini merupakan kegiatan syiar dakwah yakni kita mau menghidupkan suasa Ramadhan. Apalagi Wundulako memiliki nilai sejarah awal masuknya dan lahirnya Islam di Bumi Mekongga,” ungkapn Firlan Muharram Alimsyah, Sabtu (4/5) malam.

Sehingga, kata ketua BKPRM Wundulako ini, pihaknya bekerjasama dengan PHBI dan pemerintah kecamatan melakukan suatu gebrakan dengan menggelar pawai obor pertama di kabupaten Kolaka, bahkan di wilayah Sultra. “Jadi ini merupakan suatu gebrakan karena beda dengan yang lain nanti takbiran baru dilaksanakan pawai obor, kita mencoba sesuatu yang baru. Sehingga mudah-mudahan dengan berkumpulnya masyarakat dari desa dan kelurahan di kecamatan Wundulako semangat kebersamaannya tetap terjaga apalagi pasca pesta demokrasi kita mencoba menyatukan kembali masyarakat sehingga tidak ada lagi blok atau sekat-sekat di tengah masyarakat. Inysa Allah melalui momentum ini kita bersatu dalam bingkai Islam. Kita ingin hidupkan Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafur atau negeri yang subur dan makmur, adil dan aman,” paparnya.

Ia berharap melalui kegiatan itu, masyarakat Wundulako yang menjalankan ibadah puasa dapat melaksanakan dengan penuh semangat dan ikhlas, sehingga mendapatkan ridho Allah SWT. “Kita harapkan pada saat menjalankan ibadah puasa semuanya tetap bahagia dan semangat seperti saat ini. Apalagi tidak hanya masyarakat Wundulako saja yang sangat merespon baik kegiatan ini tetapi kecamatan-kecamatan lain ingin ikut berpartisipasi menyemarakkan kegiatan ini. Artinya melalui kegiatan ini kita sudah dilirik oleh semua masyarakat Kolaka dan ini yang akan terus kita pertahankan dan akan kita jadikan sebagai agenda rutin kita setiap tahunnya,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, ketua PHBI Wundulako, Kadaruddin bersyukur kegiatan pawai obor terselenggara dengan sukses. “Kita bersyukur karena kita punya generasi muda kita sekarang ini sudah condong keagamaan, jadi kita selalu respon dan memberikan wadah supaya mereka bisa berkreasi dengan cara begini kita bisa hidupkan syiar Islam di kecamatan Wundulako ini. Sehingga kami akan selalu memberikan suport kepada generasi muda kita,” ujarnya.

Sementara itu Camat Wundulako, Abdul Rasyid Puteh mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan pawai obor yang begitu meriah, aman, lancar dan terkendali berkat kerja sama seluruh elemen yang ada di kecamatan Wundulako. Olehnya itu camat Wundulako menghimbau kepada seluruh masyarakat Wundulako dan sekitarnya agar dalam melaksanakan ibadah puasa bisa terus semangat dan bagi yang tidak menjalankan ibadah puasa dapat menghargai yang menjalankan puasa. “Diharapkan warga Kolaka khususnya kecamatan Wundulako dapat meningkatkan ketakwaannya dalam menghadapi bulan suci Ramadhan. Kami juga akan kembali menggelar pawai obor pada saat malam takbiran nanti dan kita pastikan jumlahnya akan lebih banyak lagi,” kata Abdul Rasyid Pute. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top