KOTA KENDARI

Kades Rumba Rumba Fokus Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Ilustrasi kelompok nelayan.

KOLAKAPOS, Kendari — Pemerintah Desa Rumba-Rumba, Kecamatan Kolono Timur Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara, saat ini lebih memfokuskan Dana Desa kearah peningkatan taraf hidup masyarakat.

Kepala Desa Rumba-rumba Jumadil mengatakan, untuk Dana Desa saat ini, pihaknya lebih memprioritaskan pada peningkatan taraf hidup masyarakat. Dimana dengan mengajarkan untuk menjaga ekosistem di laut dengan membentuk kelompok nelayan dan tani di desanya.

“Di desa kami, untuk sumberdaya alam sangat besar manfaatnya dan untuk Dana Desa (DD) itu cukup bermanfaat. Tinggal melihat manfaatnya dari sisi inisiatif atau usulan masyarakat yang dinakomodir untuk membangun infrastruktur Desa,” jelasnya.

Sambungnya, kurangnya sumber daya manusia di desa Rumba-Rumba, membuat masyarakat terkadang membuat usulan mengenai kebutuhan pribadi saja.

“Nah olehnya itu, kami sekarang di desa Rumba-rumba yang tadinya sifatnya pribadi saja, saat ini lebih mengutamakan dalam bentuk kebutuhan kelompok dalam hal memanfaatkan dana desa yang ada itu. Jadi yang kami realisasikan di lapangan, harus bentuk kelompok sehingga dengan DD bisa diakomodir sesuai perencanaan tepat sasaran,” tandasnya.

Sambung Jumadil, untuk Dana Desa (DD) di Kacamatan Kolono, Kabuoaten Konsel di manfaatkan untuk disektor perikanan, pertanian dan perkebunan.

“Untuk sektor prikanan, kami lebih memfokuskan pada pemberian bantuan para nelayan, seperti pengadaan mesin, perahu dan alat tangkap. Maupun di bidang lingkungan, serta menjaga pesisir pantai,” pungkasnya. (hrn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top