METRO KOLAKA

Sampah Menumpuk di Pasar Mekongga Mulai Dibersihkan

Tumpukan sampah tampak menghiasi kawasan Pasar Raya Mekongga Kolaka, tepatnya di sudut bagian Terminal Barang. FOTO: Kaulia Ode/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Masalah sampah kembali meresahkan warga Bumi Mekongga, Kolaka. Teranyar, tumpukan sampah menghiasi kawasan Pasar Raya Mekongga Kolaka, tepatnya di sudut bagian Terminal Barang.

Amatan di tempat itu pada Selasa (14/5) pagi kemarin, sampah menghampar hingga meluber ke kolam-kolam bekas penggalian.

Di lokasi itu juga terdapat tempat penampungan sampah dari bekas bak kendaraan roda empat. Tapi tetap saja tempat itu tak mampu menampung.

Baunya pun amat menyengat. Bahkan sebagian sampah terlihat sudah masuk ke selokan yang mengarah ke laut, yang hanya berjarak beberapa meter saja dari lokasi itu.

Warga yang melintas pertigaan Jalan Dr Sutomo dengan Jl Dermaga Pelabuhan Ferry itupun terlihat menuntup hidung.

Menurut salah seorang warga, Fk (inisial) mengatakan kondisi itu seperti itu sudah berulang kali terjadi. “Ini sudah lama begini, petugas kebersihan biasa bersihkan, tapi tetap kembali menumpuk lagi. Jelas sangat bau kasian, apalagi kalau sudah kena hujan,” ujar
warga yang meminta namanya diinisialkan.

Tak lama berada di lokasi itu, tiba-tiba ‘pasukan kuning’ dari Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan (BLHK) muncul. Terhitung ada tiga mobil kuning yang datang, lengkap dengan sejumlah personel dan perlengkapan kebersihan. Belakangan diketahui kedatangan mereka untuk membereskan lokasi itu. “Ini memang sudah kami rencanakan jauh-jauh hari akan dibersihkan, tapi karena armada kurang baru hari ini baru kami sempat,” ujar petugas kebersihan yang mengaku bernama Rustam. (kal)

Bagikan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top