METRO KOLAKA

USN Kolaka Keciprat Dana Rp27 Miliar

Direktur Sarana dan Prasana Kemenristekdikti, Mohammad Sofwan Effendi (tengah), Rektor USN Kolaka (kanan), dan Plt Wakil Rektor II USN Viita Asnita, sempatkan pose bersama sesuai rapat dengan Tim Kementerian PUPR di Kampus USN Kolaka, Selasa (14/5). FOTO: Kaulia Ode/ Kolaka Pos

Untuk Pengerjaan Dua Gedung Mangkrak di Kampus Tanggetada

KOLAKAPOS, Kolaka — Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka keciprat dana Rp27 miliar untuk penyelesaian pembangunan dua gedung mangkrak yang dimiliki USN saat ini. Dua gedung itu yakni Fakultas Sains dan Teknologi, dan Fakultas Pertanian yang berada di Kampus USN di Kecamatan Tanggetada, Kolaka. Rencananya, pengerjaan ke dua gedung yang telah mangkrak selama lima tahun itu mulai dilakukan bulan depan.

Direktur Sarana dan Parasarana Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Mohammad Sofwan Effendi mengatakan, pekerjaan ke dua gedung tersebut nantinya akan dilakukan oleh Kementerian PUPR.

“Hari ini (kemarin, red) itu kami dari Kemenristekdikti berkoordinasi dengan Kementerian PUPR dalam rangka penyelesaian gedung-gedung mangkrak atau konstruksi dalam pengerjaan. Kebetulan di USN Kolaka ini ada dua gedung mangkrak, yang sedang dan akan dikerjakan Kementerian PUPR. Insya Allah mungkin berdasar hasil pertemuan tadi, kalau dokumen teknis selesai disiapkan oleh USN Kolaka, mudah-mudahan setelah lebaran sudah bisa sudah bisa dilelang,” ungkap Mohammad Sofwan Effendi, seusai rapat dengan Tim Kementerian PUPR dan pihak USN Kolaka, di Gedung Rektorat USN Kolaka, Selasa (14/5).

Namun sebelum memasuki tahap pengerjaan pembangunan, terlebih dahulu akan dilakukan beberapa pengujian terhadap dua gedung yang telah mangkrak sekira lima tahun itu. Seperti menguji konstruksi dan struktur bangunan untuk memastikan ketahanannya. “Pihak kampus USN Kolaka akan mendatangkan salah satu pakar dari Unhas dua orang, juga dibantu dari Kementerian PUPR, terkait pelelangan akan dikerjakan Balai PUPR. Pihak kampus nanti terima jadi saja,” jelas Sofwan.

Sofyan berharap pekerjaan gedung bisa dituntaskan tahun ini. “Harapannya, sebelum akhir tahun atau paling telah akhir tahun ini sudah bisa selesai pengerjaannya. Jadi nda lagi mundur sampai 2010, supaya bisa gedung itu bisa difungsikan,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Rektor USN Kolaka, Azhari mengatakan sesuai hasil rapat, pihaknya akan segera menyiapkan dokumen-dokumen teknis yang dibutuhkan. “Kita persiapkan semuanya, termasuk mendatangkan ahli konstruksi dari Unhas,” ucapnya. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top