MUNA

23 Mei Mentan Kunker ke Muna, Bupati  Berharap Bisa Banyak Dapat Bantuan

KOLAKAPOS, Raha — Rencana kunjungan kerja (Kunker) Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan) Andi Amran Sulaiman ke kebupaten Muna pada Kamis 23 Mei mendatang di benarkan oleh Bupati Muna LM Rusman Emba. Menurutnya, kedatangan Mentan ke Muna merupakan respon positif pemerintah pusat atas keberhasilan petani Muna yang telah berhasil mengirim hasil pertanian berupa jagung kuning sebanyak puluhan ton ke Makassar dan Surabaya menggunakan tol laut.

Kata Rusman, dalam kunjungannya, Mentan Andi Amran Sulaiman akan menggunakan pesawat udara Helikopter yang langsung mendarat di lapangan kecamatan Kabawo. “Jadi pak Menteri ingin melihat langsung di lapangan mengenai potensi pertanian kita dan apa yang menjadi kelemahan dan kekurangan-kekurangan kita. Insya Allah hari Kamis itu, Pak Menteri menggunakan Helikopter langsung ke lapangan,” ujarnya pada Kolaka Pos usai upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-111 di kantor Bupati Muna. Senin (20/5)

Selain melihat potensi pertanian tanaman jagung, padi dan kedelai (Pajale) ucap Rusman, Mentan Andi Amran Sulaiman direncakan juga akan melihat potensi peternakan yang tengah dikembangkan oleh Pemkab Muna bersama masyarakat tani seperti ayam petelur dan sapi.

Lanjut, pasangan Abdul Malik Ditu ini mengatakan, lahan pertanian di Muna sangat luas namun belum di kelola dengan baik oleh masyarakat tani. Hal tersebut terkendala pada keterbatasan alat-alat pertanian, saluran irigasi yang tidak maksimal, dan sarana dan prasarana  jalan yang kurang memadai. Olehnya itu Rusman berharap dengan Kunker Mentan Andi Amran Sulaiman ke Muna dapat menjadi pintu sehingga pemerintah pusat dalam kebijakan-kebijakannya dapat menurunkan bantuan yang lebih banyak kepada masyarakat tani di kabupaten Muna. “Banyak hal yang harus di maksimalkan; diantaranya alat-alat pertanian, kemudian irigasi yang tidak maksimal termasuk prasarana jalan. Tentu ini menjadi harapan kami ke Pak Menteri untuk mendapatkan bantuan dan semoga ini menjadi perhatian sehingga ada kebijakan-kebijakan pusat untuk diturun ke Muna,” tandasnya. (m1/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top