BERITA UTAMA

BI Asesmen Kelayakan Program Beasiswa di USN Kolaka

Tim asesmen program beasiswa Bank Indonesia bersama Rektor USN Kolaka, Azhari (tengah). FOTO: Ist/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan asesmen program beasiswa Bank Indonesia tahun 2019 di kampus Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Selasa (21/5).

Manager Fungsi Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan Bank Indonesia Perwakilan Sultra, Daniel Agus Prasetyo mengatakan pelaksanaan penilaian kelayakan baik secara kelembagaan dan kemahasiswaan di USN Kolaka merupakan usulan dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sultra untuk menambah daftar kampus yang mendapatkan beasiswa dari BI. “Kami ajukan ke kantor pusat dan tim asesornya dari Departemen Komunikasi,” ujarnya.

Daniel menjelaskan pihaknya akan melihat legalitas, kelembagaan, kesiapan dari setiap fakultas, termasuk prestasi dan kegiatan mahasiswa USN. Juga masukan pemberitaan tentang USN di media massa menjadi pertimbangan.

Sehingga, program beasiswa Bank Indonesia yang bakal diberikan kepada 50 mahasiswa, tujuannya bisa tercapai dan memberikan manfaat ke depannya. “Kita melihat apakah keberadaan kampus ini di Kolaka memberikan manfaat atau tidak. Tapi itu kita kembalikan lagi ke tim asesor kantor pusat,” tambahnya.

Kendati demikian, dalam proses asesmen ini pastinya memiliki kemungkinan bagi kampus tidak menjadi bagian penerima program beasiswa Bank Indonesia. Sebab, saat ini ada beberapa kampus yang sedang melakukan asesmen dan masih dibandingkan satu sama lain kelayakannya.

Tapi, kata dia, sejauh ini semuanya berjalan lancar dan persyaratan dokumen sudah dipenuhi oleh pihak universitas. Menurutnya, USN Kolaka menunjukkan keseriusan dalam menyiapkan persyaratan. Jadi, ia berharap USN Kolaka bisa masuk dalam salah satu kampus yang bisa bersaing.

Ia mengungkapkan setelah semua persyaratan disiapkan dan disetujui maka selanjutnya akan dilakukan penandatanganan kesepakatan. Setelah itu barulah, Bank Indonesia mengadakan proses seleksi terhadap mahasiswa calon penerima beasiswa. “Mahasiswa ini diseleksi dulu oleh pihak kampus. Dipilih yang terbaik dan sesuai dengan syarat dari kami, kemudian kampus mengusulkan kepada kami. Nanti kami yang wawancara,” paparnya.

Sementara itu, Rektor USN Kolaka Azhari mengatakan pihaknya telah menyiapkan semua persyaratan yang diminta oleh Bank Indonesia. Dengan harapan, mahasiswanya bisa mendapatkan program beasiswa Bank Indonesia. Menurutnya, beasiswa ini dapat membantu mahasiswa USN Kolaka yang berprestasi dan berasal dari keluarga pra sejahtera. “Kita tunjukkan keseriusan dan komitmen, agar Bank Indonesia bisa memberikan beasiswanya untuk mahasiswa di sini,” tutup Azhari. (kal/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top