METRO KOLAKA

Jelang Mudik Lebaran, ASDP Pastikan Tidak Tambah Armada Fery Kolaka – Bajoe

ilustrasi/net

KOLAKAPOS, Kolaka — PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) memastikan tidak akan ada penambahan armada kapal Fery yang melayani penumpang mudik di jalur penyeberangan Kolaka – Bajoe tahun ini. Namun demikian, ASDP akan maksimalkan kapal yang ada dengan ekstra trip keberangkatan jika diperlukan.

Hal itu disampaikan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVIII Kementerian Perhubungan, Benny Nurdin Yusuf saat memimpin rapat koordinasi bersama stakeholder terkait persiapan angkutan mudik lebaran 2019 di kantor ASDP Kolaka, Rabu (22/5). “Di Pelabuhan Penyebrangan Kolaka tidak ada penambahan armada. Tetapi ada extra trip kita akan melihat tentunya menganalisa kondisi di lapangan,” ungkapnya.

Benny berharap penumpukan penumpang yang menjadi pemandangan umum setiap kali musim mudik, tidak akan terjadi lagi. Salah satu cara mengatasi itu adalah masyarakat bisa memanfaaatkan cuti lebaran yang cukup panjang, dan tidak tertumpuk pada satu titik. “Kita menghimbau kepada masyarakat, dengan waktu libur panjang ini betul-betul cerdas memanfaatkan, jadi pergerakan untuk mudik bisa diatur. Jangan satu atau dua hari menjelang lebaran baru mau mudik, karena itu biasa yang menyebabkan penumpukan,” pesannya.

Benny juga menghimbau untuk operator pelayaran agar jangan main-main terkait aspek keselamatan dan keamanan pelayaran. “Saya tegaskan untuk operator dan pengawas yang ada di pelabuhan Kolaka ini, untuk tidak bermain-main dengan daftar manifest, jangan sampai penumpang 350 sementara pelampung hanya 300,” tegasnya.

Berikut tips mudik bareng nan asik dan lancar ala Benny Nurdin Yusuf:
1. Manfaatkan arus meduk secara cerdas, pilihlah angkutan umum yang benar-benar safety, dan sudah ditempeli Ramp Chek.
2. Pilihlah kapal yang sudah memenuhi standar-standar keselamatan, kelengkapan pelampung dan skoci.
3. Disarankan jangan menggunakan kendaraan roda dua, karena rawan kecelakaan, tetapi apabila harus menggunakan motor, jangan kelebihan muatan. 4. Tetap perhatikan aspek keselamatan. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top